Bina ASN Kemenag Liko, Kakanwil Harapkan Aparatur Kemenag Jadi Teladan ASN Berakhlak

Bina ASN Kemenag Liko, Kakanwil Harapkan Aparatur Kemenag Jadi Teladan ASN Berakhlak
Bina ASN Kemenag Liko, Kakanwil Harapkan Aparatur Kemenag Jadi Teladan ASN Berakhlak
Bina ASN Kemenag Liko, Kakanwil Harapkan Aparatur Kemenag Jadi Teladan ASN Berakhlak
Bina ASN Kemenag Liko, Kakanwil Harapkan Aparatur Kemenag Jadi Teladan ASN Berakhlak

Padang (Humas)- Kakanwil Helmi mengatakan transformasi digital mesti segera diimplementasikan di seluruh satuan kerja Kemenag Kabupaten/Kota hingga madrasah. Hal itu sebagai upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan publik kepada masyarakat.

Hal ini ditekankan Kakanwil Helmi saat hadir dalam kegiatan Pembinaan ASN sekaligus Tasyakuran Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-77 di Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota hari ini, Selasa (10/01/23).

Upaya tersebut menurut Helmi sejalan dengan harapan Gusmen dalam kebijakan tujuh program prioritas Kemenag RI khusus transformasi digital. Helmi meyakini transformasi digital juga akan berdampak besar terhadap indeks profesionalitas ASN Kemenag Sumbar.

Kegiatan yang turut dihadiri Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny. Hj. Nazifah Helmi ini Kakanwil juga menyinggung terkait lima nilai budaya kerja Kemenag. Lima nilai tersebut sepatutnya menjadi acuan bagi ASN Kemenag khususnya di Kankemenag Kabupaten Liko dalam merealisasikannya tujuh program prioritas dimaksud.

Sebut saja, integritas yang bermakna menyatu antara apa yang dipikirkan, diucapkan dan yang dikerjakan ASN. Profesional yang ditandai dengan kemampuan ASN bekerja secara cepat dan tepat waktu. Kemudian inovasi yang memantik lahirnya karya atau pun program baru.

“Untuk inovasi, tadi sudah banyak sekali program inovasi yang diuraikan. Terimakasih kepada Kakankemenag Kabupaten Liko beserta yang juga telah menjalankan sejumlah program inovasi di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui tayangan video kilas balik 2022,” katanya.

Dengan inovasi, Helmi optimis dalam bekerja ASN tidak akan monoton dan masyarakat semakin terlayani dengan baik.

“Sehingga semakin terasa manfaat dan kehadiran Kemenag ditengah oleh masyarakat.” Ujarnya.

Begitu pula pada poin tanggung jawab, Helmi berpesan jangan ada ASN yang membiasakan sikap yang suka lempar batu sembunyi tangan. Karena dengan semua nilai itu ASN bisa menjadi sosok yang penuh Ketauladanan.

“ASN Kemenag itu kedepan diharapkan menjadi ASN Berakhlak. Dia ASN Hebat dan bermanfaat. Bermanfaat bagi lembaga, bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi umat beragama,” katanya.

Kakanwil Helmi mengharapkan perhelatan Tasyakuran HAB Kemenag RI ke-77 di Kabupaten Liko menjadi momentum untuk bisa menjadi lebih baik kedepan.

Kakanwil Helmi kembali mengingatkan agar ASN bahwa  diantara tujuh kebijakan program prioritas Kemenag, ASN dituntut menerapkan layanan berbasis digital.  Hal itu sesuai dengan harapan Gusmen khusus transformasi digital.

“Gusmen telah menetapkan, paling lambat dipertengahan 2023 semua layanan berbasis aplikasi digital.” Imbuhnya.

Untuk itu pihaknya mengajak ASN mampu bertransisi dari layanan manual ke layanan digital. Ia tidak ingin lagi ada ditemui banyak tumpukan kertas.

“Saat ini kita sudah punya sejumlah aplikasi dalam program Pelita-OK ini juga sudah dilaunching oleh Sekjen Kemenag RI.”jelasnya.

Sedikitnya ada lima inovasi aplikasi yang akan memudahkan layanan internal Kemenag. Ada guestbook. “Misalnya ada yang ingin bertamu ke Kanwil Kemenag Sumbar, cukup diklik masuk ke aplikasi dan akan diberikan konfirmasi waktu.”katanya.

Kedua agenda pimpinan, bisa diketahui perjalanan waktu dan agenda impinan. Ketiga, E-Bmreg GTK Madrasah, keempat E-Dupak PAIF dan terakhir TTE.

Kakanwil mengapresiasi ikhtiar fungsional prakom bersinergi dengan arsiparis, Analis Kepegawaian yang melahirkan inovasi layanan digital.

“Diprovinsi lain baru 1 tingkat Kanwil saja yang mengaplikasikan TTE ini. Sementara Sumbar sudah ada 20 akun TTE yang terdaftar, sehingga bisa memudahkan penandatanganan dari mana saja dan kapan saja.

“Artinya hal ini sudah langsung terintegrasi dengan baik.” Puji Kakanwil.

Dipenghujung sambutan, Kakanwil Helmi menyampaikan ucapan terimkasih dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Pembinaan ASN sekaligus Tasyakuran HAB Kemenag ke-77 di Kabul Liko.

“Kami apresiatif kegiatan ini, tahun 2023 ini adalah kunjungan pertama, dan baru ke Kabupaten Lima Puluh Kota,” katanya sumringah.

Istimewa, usai memberikan pembinaan bagi ASN, Kakanwil bersama Ketua DWP turut menyumbangkan suara emasnya dihadapan ratusan peserta. Tak luput ikut memeriahkan acara puncak HAB, sejumlah tarian dan atraksi seni  disuguhkan pada momen tahunan tersebut.

Hadir Kakankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota H Irwan, Kasubbag TU Kemenag Liko, jajaran pejabat eselon IV, Kepala Madrasah, pimpinan pondok pesantren, Kepala KUA, Tokoh Masyarakat dan JFU serta JFT di lingkungan Kankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota.(vera/rzk)