Catur Lomba Pamungkas HAB 77 Kemenag Sumbar, Sang Juara Ungguli Setiap Babak

Catur Lomba Pamungkas HAB 77 Kemenag Sumbar, Sang Juara Ungguli Setiap Babak
Catur Lomba Pamungkas HAB 77 Kemenag Sumbar, Sang Juara Ungguli Setiap Babak

Padang, Humas--Menutup rangkaian lomba dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 Kanwil Kemenag Sumbar, catur menjadi pertandingan pamungkas yang dilaksanakan, Rabu (11/1) di Aula AB I.

Pertandingan ini diikuti ASN dilingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. Sebelum adu otak dan adu tak tik, pertandingan dibuka Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Koordinator Lomba Catur, Thomas Febria bersama panitia catur, Afrizal.

Turut hadir Kabid Papkis, H Naharuddin dan Pengurus Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Sumatera Barat. Sementara itu, Kabag TU H. Miswan bersama Pembimas Buddha, Muryadi Eko Priyansyah turut hadir sekaligus berpartisipasi sebagai peserta pertandingan ini.

Thomas Febria yang juga Subkoordinator Penyuluh Agama Islam, mengatakan ada 17 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kemenag yang ikut berpatisipasi dalam pertandingan, 13 putra dan 4 putri. Pertandingan ini kata Thomas dalam rangka memeriahkan HAB ke 77 sekaligus ajang silturrahmi antar ASN.

Menurut, Thomas potensi catur di lingkungan Kemenag Sumbar bagus. Untuk itu lomba ini memberikan kesempatan kepada ASN untuk mengukur potensi diri dan meningkatkan yak tik permainan. Bahakn ASN Kanwil pernah mewakili Sumbar di tingkat Nasional.

Untuk wasit pun lanjut Thomas panitia menghadirkan wasit nasional dari Percasi Sumbar. Ada dua wasit yang menilai pertandingan, Azraf Zawir dan Rio Irnawan.

Sementara itu, Afrizal selaku Pelaksana Teknis menyampaikan bahwa pertandingan catur ini menggunakan sistim swiss, lima babak. Dimana setiap peserta berhak mengikuti lima babak pertandingan tanpa ada sistim gugur.

“Kalah atau menang peserta tetap bisa bermain di pertandingan berikutnya. Pemenang disetiap babak akan bertanding melawan pemenang lain di babak yang sama. 1 babak pertandingan memakan waktu 20 menit,” jelas Afrizal.

Afrizal juga menjelaskan bahwa nilai poin sbagi pemenag setiap babak masing-masing 3 poin. Jika terjadi remis (pertandingan imbang) maka poinnya 1 dan jika kalah poinnya nol. Pertandingan berjalan cukup alot, dimana masing-masing pemain menggunakan tak tik dan saling memakan buah lawan.

Setelah berjalan selama kurang lebih 2 jam, wasit melakukan rembuk dan menghitung poin dari masing-masing peserta. Walaupun dalam pertandingan pemain putra dan putri digabung namun hasil kejuaraan tersendiri dan diambil nilai tertinggi.

Berikut hasil kejuaraan Catur dalam Rangka HAB Kemenag ke 77 Tahun 2023, untuk Putra, juara 1 diraih Afrizal dari Bidang Papkis, Juara 2 Novelia Musda dari Bidang Penmad, dan Juara 3 H. Miswan (Kabag TU), dan H. M.Rifki dari Bidang Penaiszawa.

Untuk putri Juara 1 Voni Kurniati dari Bidang Haji, juara 2 Winda dari Bidang Papkis, dan juara 3 Adek Adha dari Bidang Pakis bersama Metra Suryati dari Bidang penmad. RinaRisna