Kakanwil Kemenag Sumbar Apresiasi Prestasi Kemenag Kota Padang, Berikut Penjelasanya

Kakanwil Kemenag Sumbar Apresiasi Prestasi Kemenag Kota Padang, Berikut Penjelasanya

Padang, Humas -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Helmi berikan apresiasi yang tinggi dan pujian kepada Kepala Kantor Kementeria Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi atas bertaburnya prestasi yang diraih.

Apresiasi tersebut disampaikan, H. Helmi  saat memberikan Pembinaan dan arahan pada acara Tasyakkuran Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-77 tingkat Kemenag kota Padang, berlangsung di Aula lt.2 kemeng setempat Kamis (19/01).

"Dengan banyak prestasi demi prestasi yang ditorehkan dan berbagai penghargaan yang diterima. Jadikanlah prestasi sebagai batu loncatan untuk meraih prestasi yang lebih gemilang dimasa datang dan jangan berpuas diri dengan prestasi yang telah didapat karena prestasi tiada batas, pesan H. Helmi seraya memotivasi.

Dijelaskan, H. Helmi semenjak Kemenag Kota Padang dipimpin H. Edy Oktafiandi, Salah seorang Guru kasidah rebana yang menjadi Kakankemenag Kota Padang telah banyak menorehkan prestasi dengan melakukan terobosan-terobosan baru dengan berinovasi dan berkreasi tiada henti.

Dan itu semuanya terlihat secara kasat mata dari deretan prestasi yang ditorehkan, Berikut urutan prestasi yang telah ditorehkan. Satu, Merebut kembali Juara Umum pada MTQ nasional ke XXXIX tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang Panjang tahun 2021. Dua, Kakankemenag menjadi narasumber tingkat nasional pada Program Kreatif Inspiratif Inovatif Solutif (KIIS) diminta oleh Inspektorat Jenderal (ITJEN) Kemenag RI, 02 Februari 2022.

Tiga Juara Umum Kemah Karya Pramuka Madrasah tingkat Sumatera Barat di Bumi perkemahan Asrama Haji Padang Pariaman tahun 2022. Empat, Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 tingkat Sumatera Barat tahun 2022. Lima, Pengutus peserta terbanyak KSM tingkat Nasional di prov DKI Jakarta tahu 2022. Enam, Terbaik 1 Penyuluh Agama Islam Teladan tingkat Sumatera Barat dan sedang berjuang ditingkat nasional 2022.

Tujuh, Peringkat 1 Humas teraktif dalam Publikasi se Sumatera Barat 2022. Delapan, Pelopor dan Inspirator utama Moderasi Beragama melalui kegiatan Dialog tokoh dan pemuda lintas Agama Kunjungan dan Pembinaan di masing masing rumah ibadah umat beragama, Narsum Talkshow interaktif di RRI dan radio Padang FM.

Sembilan, penyelenggara Upacara HAB ke- 77 tahun 2023 pertama kali untuk Tingkat Kota Padang. Sepuluh, Memorandum (MoU) Nota kesepahaman)dengan Kesbangpol/Bimas, Bank Nagari cab utama, Bank Syariah Indonesia (BSI), RRI Regional 1 Padang, Rumah Sakit, LPPA, dan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak KB Kota Padang.

Sebelas, Penggagas Pendiri dan pembina Lembaga Pembinaan dan Pemberdayaan Muallaf ( LPPM ) kota Padang. Dua belas  Peringkat III Porsadin tingkat Sumbar di Kabupaten Solok tahun 2022. Tiga belas, Juara 1 Competisi Robotik Madrasah tingkat nasional di Jogyakarta November 2022  diwakili siswa MTsN 6 Padang.

Empat belas, Mengikuti Jambore  Pramuka tingkat Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur dengan perwakilan peserta 6 org siswa MTsN kota Padang. Lima belas, Lolos tahap I Penilaian Mandiri Pembangunan  Reformasi Birokrasi Zona Integritas (PMPRBZI) Satker Kemenag RI tahun 2022. Enam belas Finalis Olimpiade Bahasa Arab ( OBA ) tingkat nasional di Jakarta 2022 diwakili siswa MTsN 5 padang

Tujuh belas, Terbaik 1 penyampaian laporan Dharma Wanita Persatuan ketua DWP kemenag antar Kab/Kota se Sumatera Barat 2022. Delapan belas, Juara Pavorit lomba Putri Hijab Indonesia (PHI) dari MTsN 1 Padang. Sembilan belas, Harapan 1 lomba menulis Esai tingkat nasional bersala dari (guru MTsN 1 Padang atas nama Idra Putri.

Selain banjir prestasi Edy Oktafiandi menerima beberapa penghargaan istimewa diantaranya, Lencana Darma Bakti Pramuka dari Kwartir Pramuka Nasional yang ditanda tangani Ketua Umum Kwartir Nasional Jenderal ( Purn ) H. Budi  Waseso disematkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Audy Joenaldi saat di Stadion Merdeka Solok Rabu 19 Oktober 2022 saat HUT Pramuka ke-61.

H. Edy Oktafiandi memiliki pola kepemimpinan yang hebat dan luar biasa dengan jurus Mujarab yang diterapkan yakninya 3 K, satu Komunikasi, dua, Koordinasi dan tiga Kolaborasi. Ia pun terkenal dengan sosok yang disiplin dengan tepat waktu, rapi dalam penampilan , teliti dalam bekerja , selalu dekat dengan semua kalangan, mudah senyum tegas dan bijaksana, cepat dalam mengambil keputusan, tanggap dalam menyikapi sesuatu yang insidentil, serta bijak dalam menyelesaikan masalah, dan gaya kepemimpinannya yang Humoris serta bersahabat, tutur H. Helmi.

Sementara itu Kepala kantor, mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi beserta Kawan kawan pejabat struktural dan fungsional Kemenag Padang, Pengawas Madarsah /PAI , Kepala Madrasah, Kepala KUA, Penyuluh, Penghulu, dan seluruh ASN Kemenag kota Padang serta jajaran atas kerjasamanya saling suppport dan dukungannya dalam mewujudkan prestasi terbaik ini.

Kesuksesan ini, tidak terlepas dari sosok Wanita tangguh dan hebat yang selalu setia mendampingi saya dan sosok tersebut Elnida istri tercinta sekaligus Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kota Padang. Dari pernikahan kami dikaruniahi lima orang anak satu putri dan empat putra , satu Fadhil Mumtaz, dua Fathimatuzzahra, tiga Taufiqurrahman, empat Faiz al Fathani, lima Hasbi Ash Shiddiqi.

Sekali saya ungkapkan, bahwa semua ini berkat dukungan para pejabat dan Kepiawaiannya meramu segala program yang telah di Scedulkan untuk berbuat cepat, tepat serta sesuai dengan harapan. Pejabat yang selalu setia mendampingi tersebut adalah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Zulfahmi, Kasi Pendidikan Madrasah Farhan Furqani.

Kasi Penyelenggara Haji dan Urmrah H. Hendri Yazid Datuok Rajo Diguci, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Aris Junaidi, Kasi Pendidikan Pondok dan Pesantren Dian Khairaty, Kasi Pendidikan Agama Islam Aidil Khurdiansyah, serta Penyelenggara Zakat dan Waqaf Rinaldi Putra beserta seluruh Aparatur Sipil Negara Jft,Jfu dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Padang.

"Kedepan kita akan lebih  mengutkan sinergitas, Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi untuk mewujudkan mimpi besar kesuksesan Kemenag kota Padang untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” harapnya seraya menyudahi. (HarisTJ)