Masjid Nurul Iman Lokasi Program Khutbah Jumat Keliling Nagari Bajumpo Bupati

Masjid Nurul Iman Lokasi Program Khutbah Jumat Keliling Nagari Bajumpo Bupati

Sarilamak, Humas-- Masjid Nurul Iman yang terletak di Jorong Tabek Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukit Barisan (27/01) menjadi tempat dilaksanakanya Program Inovatif Kemenag Lima Puluh Kota Khutbah Jumat Keliling Nagari, tidak hanya itu kegiatan tersebut juga dipadukan dengan “Bupati Jumat Manyapo (Bajumpo) yang langusng dihadiri oleh Safaruddin Dt.Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota. Sementra itu H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota bertindak sebagai khatib Jumaat.

Setelah kegiatan shalat Jumat, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan awak media menjelaskan, kegiatan inovatif Khutbah Jumat Keliling Nagari hari ini (red) terasa sangat spesial karena dapat disinergikan dengan program Bajumpo yang digagas Buapti Lima Puluh Kota, atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang terus berkolaborasi dengan Kemenag Lima Puluh Kota dalam berbagai program ke-agaman.

Terkait dengan implementasi program penguatan moderasi beragama, Kakan Kemenag menjelaskan, Pengutan moderasi beragama merupakan program startegis Kementerian Agama yang sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024. Oleh sebab itu Kakan Kemenag berharap program tersebut terus dibumikan kepada masyarakat secara baik dan efektif. Ditegaskan juga bahwa, moderasi beragama merupakan ikhtiar kebangsaan dalam menghadirkan wajah agama yang penuh dengan sikap tolerasi, dimana moderasi beragama adalah salah satu solusi terbaik untuk saat ini, dalam mengantisipasi potensi konflik ditengah keragaman dan kemajemukan bangsa.

Diakhir sambutanya Kakan Kemenag menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada masyarakat Banja Loweh, khususnya yang berada di Jorong tabek yang telah menfasilitasi kesuksesan kegiatan strategsi ini.

"Kedepanya semangat kebersaman ini harus tetap dijaga dalam mesukseskan berbagai program ke-agamaan yang ada di daerah,” harap alumni UIN Imam Bonjol ini.

Sementara itu, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan, upaya mewujudkan Lima Puluh Kota Madani yang menjadi Visi dan Misi Pemerintah Daerah, tentu memerlukan dukungan dari seluruh stakeholder termasuk juga dukungan masyarakat.

"Oleh sebab itu Bupati atas nama Pemerintah Daerah merasa bangga dengan berbagai program inovatif yang telah dilakukan oleh Kemenag Lima Puluh Kota yang tujuan akhirnya adalah peningkatan kualitas kehidupan umat beragama," terang Bupati Safaruddin.

Disisi lain Bupati mengingatkan seluruh jamaah yang hadir akan pentingnya aspek ketahanan pangan yang lahir, tumbuh dan berkembang dari kearifan lokal masyarakat.

"Kita dihadapan pada berbagai tantangan perekonomian, oleh sebab itu saya pesankan kapada seluru masyarakat untuk, “Tanaman nan hiduk, paliharo nan ba nyayo”. Filosofi tersebut merupakan ajaran dasar ketahan pangan masyarakat Minangkabau yang harus terus diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari,”jelas Bupati.

Terakhir Bupati mengingatkan, kehidupan dunia ini merupakan jembatan kehidupan akhirat ollh sebab itu mari kita tingkatan kualitas ibadah kita dengan istiqomah beribadah kepadaNYA, agar kita semua mendapat kebahagian di dunia dan akhirat.

Diakhir kegiatan Kakan Kemeng Lima Puluh Kota bersama Bupati Lima Puluh Kota menyerahkan paket Al-quran untuk Masjid Nurul Iman yang diterima oleh Wali Nagari Banja Loweh didampingi pengurus Masjid. Kegiatan strategis tersebut juga dihadiri oleh, Kepala OPD, Kabag Kesra Pemda Lima Puluh Kota, Camat, dan Kepala KUA Bukit Barisan, Kepala KUA Gunung Omeh, Kepala KUA Suliki. (APP)