Lulusan yang Komprehensif, MAN 4 Agam Perdana Selenggarakan Ujian Komprehensif Madrasah

Lulusan yang Komprehensif, MAN 4 Agam Perdana Selenggarakan Ujian Komprehensif Madrasah
Lulusan yang Komprehensif, MAN 4 Agam Perdana Selenggarakan Ujian Komprehensif Madrasah

Humas, Agam. Kamis (23/2/2023) MAN 4 Agam, untuk pertama kali menggagas diangkatkannya Ujian Komprehensif Madrasah untuk 102 siswa-siswi MAN 4 Agam yang sekarang duduk di tingkat akhir tahun 2023.

Ujian Komprehensif Madrasah, seperti yang dikutip tim humas MAN 4 Agam dari wawancara dengan wakil kepala bidang kurikulum, Melvi “Merupakan salah satu rangkaian ujian akhir bagi kelas XII MAN 4 Agam, yaitu Ujian Komprehensif Madrasah, perdana kita gagas untuk telorkan lulusan yang komprehensif’, ungkap Melvi disela-sela kesibukan tugasnya.

Adapun tema yang diangkatkan dalam Ujian Komprehensif Madrasah ini adalah materi dengan kebermanfaatan tinggi baik psikomotorik maupun kognisi, yaitu bidang thaharah sub Wudhu, bidang ibadah sub Shalat dan wawancara pengetahuan agama.

Mengenai pilihan tema Ujian, sempat  disinggung kepala MAN 4 Agam, Zulfahmi.M dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini secara resmi, tadi pagi. “Materi Ujian Komprehensif Madrasah dengan kebermanfaatan tinggi, yang seyogianya ananda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah lulus dari MAN 4 Agam, ananda dapat menampilkan shalat yang berkualitas  sebagai sarana taqarrub ilallah, memiliki pengetahuan dan iman yang istiqamah, sehingga terlahir pribadi yang komprehensif”, papar Pak Mimi menguatkan.

 Pelaksanaan Ujian Kompehensif Madrasah ini selama dua hari, tanggal 22-23 Februari 2023, menyerap kepanitiaan dari guru dan pegawai MAN 4 Agam. Diantaranya tim penguji terdiri  12 personil guru PAI MAN 4 Agam. Masing-masing berbagi tugas membidangi tema Wudhu, Shalat dan Wawancara pengetahuan Agama.

Ujian Komprehensif Madrasah perdana tahun ini, mendapat respon positif terutama dari kalangan siswa- siswi kelas XII MAN 4 Agam sebagai peserta ujian. Asra Ozali, salah seorang peserta ujian berkomentar “Bersyukur bisa mengikuti ujian ini,walaupun sedikit cemas mengahadapinya, tidak hanya diuji dan dinilai, kami banyak mendapatkan ilmu bermanfaat, karena berkesempatan face to face dengan guru-guru secara terbuka” ungkap Asra bahagia.

Tim penguji Ujian Komprehensif Madrasah juga punya banyak cerita dalam pelaksanaan ujian perdana ini. Hengky, salah seorang penguji merasa bersyukur dapat membersamai siswa kali ini. “Kita dapat sharring dan mengoreksi ibadah siswa serta meluruskan persepsi anutan dalam aqidah ahlussunnnah wal jamaah”, ucap beliau.

Sepanjang proses Ujian Komprehensif Madrasah tahun 2023 dinilai tertib dan berjalan lancar. “Bila terdapat kekurangan tentu akan diperbaiki di masa mendatang. Sebagai awalan, sudah lumayan bagus”, tukas Melvi mengevaluasi kegiatan ini secara singkat. Desmayuni