Festival Gadih Minang Marandang Tahun 2023, Siswa MAN 2 Bukittinggi Berhasil Menjadi Pemuncak

Festival Gadih Minang Marandang Tahun 2023, Siswa MAN 2 Bukittinggi Berhasil Menjadi Pemuncak
Festival Gadih Minang Marandang Tahun 2023, Siswa MAN 2 Bukittinggi Berhasil Menjadi Pemuncak

Bukittinggi, Humas--Dua pelajar MAN 2 Bukittinggi berjaya menjadi pemuncak dalam Festival Gadih Minang Marandang yang diadakan Dinas Pariwisata kota Bukittinggi, Kamis (9/3/23).

Festival ini diadakan dalam rangka peringatan HUT Pencanangan Bukittinggi sebagai kota Wisata ke -39. Kegiatan ini diadakan di Pelataran Jam Gadang yang merupakan salah satu lokasi wisata di kota Bukittinggi.

Prestasi yang ditorehkan Sophie Anelca dan Anggun Dwi Aryanti yang bersekolah di MAN 2 Bukittinggi meningkat dibanding tahun lalu.

Rofika Ilham selaku guru pendamping menceritakan pengalamannya dalam menghadapi festival ini mulai dari persiapan hingga perlombaan berlangsung.

" Alhamdulillah kita sangat senang sekali, pada festival Gadih Minang Marandang tim MAN 2 Bukittinggi meriah juara 1 tingkat SMA sederajat se- kota Bukittinggi. Semenjak kami mendapatkan undangan,siswa berlatih mulai dari trik memilih daging, bumbu, cara pengolahan hingga plating. Kita ajarkan siswa untuk memakai batu gilingan dalam menghaluskan bumbu rendangnya agar siswa terbiasa dan mengetahui langkah-langkah dalam  menghaluskan bumbunya," paparnya.

Selanjutnya guru pendamping ini menjelaskan bumbu tidak langsung digiling semuanya, tapi ada bahan pertama yang dihaluskan hingga bawang putih yang terakhir dihaluskan. Satu hal yang penting adalah teknik plating,karena makanan itu dihidangkan sama seperti kita melihat sebuah fashion yaitu penampilan begitu juga dengan makanan salah daya tarik orang untuk mencicipi pertama dilihat adalah tampilannya.

"Senang sekali dua siswi yang kita bawa sangat semangat dan mengikuti semua yang diajarkan seperti saat persiapan. Sekali lagi terimakasih banyak kepada bapak kepala MAN 2 Bukittinggi, wakil kepala madrasah dan bapak ibu guru yang telah mendukung kami. Alhamdulillah MAN 2 Bukittinggi Juara 1 dalam Festival Gadih Minang Marandang ". Tutur guru Tata Boga ini.

Anggun Dwi Aryanti dan Sophie Anelca menceritakan pengalaman pertama mereka dalam mengikuti festival ini kepada humas.

"Alhamdulillah kami berhasil meraih peringkat satu, terimakasih banyak kepada bapak ibu guru atas kesempatan ini. Kami memang hobi memasak jadi dengan dipilihnya kami dari sekian banyak siswa ini suatu kebanggaan bagi kami. Kami berusaha memberikan yang terbaik karena pengalaman ini belum tentu kami dapatkan tahun berikutnya," tuturnya.

Selanjutnya cerita mereka, "Kami sungguh - sungguh berlatih untuk persiapan menghadapi festival ini. Semoga tahun - tahun berikutnya akan ada kesempatan serupa dalam scope yang lebih besar lagi. Ini juga bentuk wujud kebanggaan kami sebagai generasi penerus bangsa dalam melestarikan kebudayaan daerah," ungkap Siswi kelas XI.IPS 3 ini.

Pada kesempatan siswa saat lapor diri usai pengumuman pemenang, kepala MAN 2 Bukittinggi sedang mendapatkan kunjungan pembinaan dari Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi di ruang kerjanya.

Amri. J kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan apresiasinya atas capaian tersebut.

"Kita sangat bersyukur sekali hampir setiap minggunya kita selalu mendapatkan prestasi baik bidang akademik maupun non akademik," katanya.

Selanjutnya kata Amri.J Alhamdulillah lagi pada saat siswa lapor diri usai lomba dan menyerahkan piala, kita mendapatkan kunjungan pembinaan dari Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi. Dalam momentum ini kita mendapatkan apresiasi langsung dari bapak Kakan Kemenag sekaligus memberikan motivasi agar terus berkarya demi kemajuan MAN 2 Bukittinggi.

"Apresiasi ini hendaknya menjadi penambah semangat bagi keluarga besar MAN 2 Bukittinggi agar terus mendukung program Kementerian Agama baik tingkat kota hingga nasional. Kemenangan siswa kami dalam Festival Gadih Minang Marandang tahun 2023 merupakan peningkatan luar biasa yaitu juara 1, jika dibandingkan tahun lalu kita mendapatkan predikat favorit penampilan terbaik," papar Amri. J. (Yuli/Syafrial)