Gempita Tsamaliko, MTsN 5 Liko Baralek Gadang

Gempita Tsamaliko, MTsN 5 Liko Baralek Gadang
Gempita Tsamaliko, MTsN 5 Liko Baralek Gadang
Gempita Tsamaliko, MTsN 5 Liko Baralek Gadang

Situjuh Batur, Humas--MTsN 5 Lima Puluh Kota menggelar Ajang Kompetensi Siswa Berprestasi (AKSI) yang ditujukan untuk siswa jenjang SD/MI yang berada di Kecamatan Situjuah Limo Nagari (Simona) dengan berbagai lomba akademik dan non akademik. 

Kegiatan ini diangkat dengan nama GEMPITA (Gema Prestasi Tahunan) yang diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 15 dan 16 Maret 2023. Gempita mengadakan 5 cabang lomba yang terdiri dari Lomba Pintar Bidang Studi (terdiri dari Bidang Studi Matematika, IPA Terpadu, IPS Terpadu, Bahasa Indonesia dan PAI), Lomba Rangking 1, Lomba Solo Song, Lomba Tenis Meja dan Lomba Tahfizh.

Pendaftaran peserta lomba sudah dibuka sejak tanggal 2 sampai 13 Maret 2023 yang lalu. Sistem pendaftaran peserta melalui blanko pendaftaran yang langsung dibagikan ke sekolah/madrasah dan melalui link pendaftaran secara online. Terdata sebanyak 26 SD dan MI yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini.

Hari pertama kegiatan Gempita dibuka langsung oleh kepala madrasah yang diwakili oleh kepala urusan tata usaha, Ismirad. Pada sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf kepada peserta beserta guru pendamping karena ketidakhadiran kepala madrasah, karena bertepatan dengan pembukaan ini kamad mengikuti kegiatan rapat kerja (raker).

Setelah acara pembukaan, peserta langsung mengikuti lomba dengan cabang Lomba Pintar Bidang Studi, Rangking 1 dan Solo Song. Dua diantara Lomba Pintar Bidang Studi, yaitu IPA Terpadu dan IPS Terpadu dilaksanakan dengan berbasis IT di labor komputer. Serta 3 lainnya menggunakan kertas pena di ruangan belajar siswa.

Sementara itu juga diadakan Lomba Rangking 1 di lapangan MTsN 5 Liko dengan sorak dan tepuk tangan dari guru pendamping dan penonton yang membangkitkan semangat para peserta lomba. Setelah dua cabang lomba selesai, dilanjutkan dengan Lomba Solo Song. Penonton terkesima dengan penampilan peserta yang menjiwai lagu yang dibawakan.

Gempita Tsamaliko ditutup pada hari kedua yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Lima Puluh Kota, H. Irwan. Dalam kesempatan ini kepala kantor menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada seluruh civitas akademika MTsN 5 Liko yang berhasil mengangkat acara yang sangat bermakna ini. Beliau juga berpesan untuk selalu menjaga kebersamaan dan bermusyawarah dalam mengambil keputusan serta berharap MTsN 5 Liko melakukan perubahan positif di tengah masyarakat.

"Melalui acara Gempita ini MTsN 5 Liko harus menjadi lembaga pendidikan yang bisa mencapai 3 target utama pendidikan yaitu mencetak kemampuan intelektual, membentuk karakter dan mengasah talenta peserta didik. Untuk mencapai target itu, hendaknya kita semua menjaga kebersamaan, membangun semangat, selalu berinovasi dan mengutamakan musyawarah dalam setiap mengambil keputusan" tutur kepala kantor.

Setelah penutupan secara resmi, acara Gempita dilanjutkan dengan Lomba Tahfizh dan Lomba Tenis Meja. Seluruh rangkaian acara Gempita Tsamaliko diakhiri dengan pengumuman pemenang dari masing-masing cabang lomba.

Untuk penyerahan trophy Juara Umun dari semua cabang lomba langsung diberikan oleh kepala madrasah, Muhardi kepada perwakilan sekolah/madrasah didampingi oleh kepala urusan tata usaha, Ismirad. Penyerahan ini disaksikan oleh seluruh keluarga besar MTsN 5 Liko serta peserta lomba dan guru pendamping dari SD/MI dengan tepuk tangan yang meriah. (Mauli.D)