Sidang Munaqasyah Syarat Kelulusan Santri PPMTI Bayur

Sidang Munaqasyah Syarat Kelulusan Santri PPMTI Bayur

Maninjau Humas,- Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur (PPMTI) hari ini kamis (16/3) gelar sidang munaqasyah untuk santriwan/wati kelas VI. Kegiatan ini merupakan salah satu Syarat mutlak untuk mendapatkan Ijazah dari Pon Pes ini. Bagi santriwan/wati kegiatan ini merupakan tantangan sekaligus bekal untuk melatih kepiawaianya dalam menguasai hasil karangan ilmiyah dihadapan para penguji sehingga akan tidak merasa rendah diri di dunia perguruan tinggi.

Saat membuka secara resmi ujian munaqasyah ini, Pimpinan Pondok MTI Bayur Hasnan Akhyar mengatakan,

“ Ujian Munaqasyah di PPMTI tahun ini merupakan kegiatan perdana, pada tahun sebelumnya santriwan/wati yang akan menamatka pendidikan di Pon Pes ini berkewajiban untuk menulis Karangan Ilmiyah (Paper) tidak di sidang munaqasyahkan, maka untuk tahun ini dan selanjutnya akan di uji secara ilmiyah dalam Ujian Munaqasyah” Ucapnya. Lebih lanjut Pimpinan PPMTI ini juga menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan ujian munaqasyah ini akan membekali dan memperdalam keilmuan santri terhadap persoalan yang berkembang dan dibahas secara ilmiyah baik dari sudut Adat dan Agama.

“ Dengan diujikan karangan ilmiyah santri ini, setidaknya memberikan nutrisi kepada santri agar terlatih berbicara secara ilmiyah dihadapan siapa saja serta menambah pengetahuan keagamaannya terhadap persolan yang dibahas, Penguji tidak saja menguji dari sudut pandang agama juga memberikan pengarahan, bimbingan serta pemahaman sebagaimana layaknya karangan ilmiyah” Sambungya.

Untuk tahun pelajaran 2022/2023 ini PPMTI Bayur santriwan/wati yang akan dimunaqasyahkan sebanyak 25 orang dan ujian akan dilaksanakan sampai tiga hari kedepan, informasi ini bersumber dari Eko Saputra selaku Waka Kurikulum. Untuk penentuan Lulus atau tidaknya, Peserta ujian harus berikhtiar secara maksimal untuk menguasai, memaparkan da menyempurnakan sistematika penulisan.

“ ada beberapa poin yang menjadi penilaian dari ujian ini, diantaranya Isi dan Muatan pembahasan, kepiawaian dalam menyajikan serta keteraturan penulisan “ Kata Eko hal yang sama juga di utarakan oleh Resi Anggraini selaku Wali Kelas/Panitia Ujian.

Kegiatan ujian munaqasyah bagi Santriwan/wati ini dipusatkan diruangan khusus dan dihadiri oleh Seluruh Santriwa/wati kelas VI, sementara pelaksanaanya di dirancang sebagaimana layaknya diperguruan tinggi (hasnan)