Praktik Mengolah Bahan Hewani, Siswa MAN 2 Pasaman Bisa Hasilkan Makanan Kontinental

Praktik Mengolah Bahan Hewani, Siswa MAN 2 Pasaman Bisa Hasilkan Makanan Kontinental

Pasaman, Humas--Siswa kelas XI IPS MAN 2 Pasaman melakukan praktik pengolahan bahan makanan nabati dan hewani pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), kemarin (20/5).

Menurut guru pembimbing Yona Kurnia kegiatan praktik pengolahan bahan makanan nabati dan hewani dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang pentingnya mengolah makanan dari bahan pangan hewani.

Ia menjelaskan mapel prakarya bab terakhir tentang pengolahan makanan nabati dan hewani. Siswa diminta membuat makanan kontinental yaitu makanan yg biasa dimasak dan dihidangkan yg mana susunannya dimulai dari makanan pembuka, makanan utama dan  makanan penutup.

“Dimulai dari makanan yang segar-segar kemudian baru makanan yang berat dan sebagai penutup kita pakai makanan yg manis (puding)”, ujarnya.

Lebih Lanjut Yona menerangkan, pada pembahasan makanan kontinental dimulai dari Appetizer yaitu makanan pembuka. fungsi dari appetizer ini adalah sebagai pembangkit selera dan penambah nafsu makan.

"Biasanya mengolah bahan pangan hewani dengan menggunakan banyak teknik. Mulai digoreng, ditumis bersama bahan pangan lain, dipanggang, dibuat rendang, dan berbagai olahan lainnya, yang penting harus diolah agar mudah dicerna oleh tubuh dan aman untuk dimakan", papar Yona.

Diwawancara, Radifa, siswa kelas XI IPS, mengaku sangat senang dengan kegiatan praktik mengolah makanan dari hewani. Bahan utama yang digunakan dalam praktik ini adalah telur, sosis, dan nugget ayam.

“Bahan hewani yang kami gunakan tersebut untuk melengkapi pembuatan nasi Kuning. Ditambah dengan aneka bumbu, membuat bahan pangan hewani tidak hanya lezat tapi juga tinggi protein,” sambutnya. Humas MAN 2 Pasaman/Ph_ysf