MAN 2 Padang Raih Penghargaan Terbaik 1 Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik

MAN 2 Padang Raih Penghargaan Terbaik 1 Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik

Padang, humas -- MAN 2 Kota Padang meraih penghargaan terbaik 1 dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat kategori lembaga pendidikan dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Penghargaan tersebut diterima kepala tata usaha MAN 2 Padang, Arisman, Jum'at (26/05/2023) pada kegiatan pembinaan lembaga tahap II dalam pengutamaan bahasa negara yang digelar Balai Bahasa Sumbar di Hotel Santika Padang.

Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi bangga atas prestasi lembaganya. Penghargaan tersebut diperoleh karena konsisten dan fokus menerapkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

"Dari 45 lembaga yang dinilai, alhamdulillah MAN 2 Padang dinobatkan sebagai terbaik 1 untuk kategori lembaga pendidikan," kata Akhri Meinhardi kepada Mandupanews, Selasa (30/05/2023) di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan kriteria penilaian lembaga pengguna bahasa di ruang publik dan naskah dinas berdasarkan tingkat pengutamaan bahasa Indonesia.

"Seperti pengunaan bahasa pada rambu-rambu, spanduk, pengumuman, nota dinas dll. Intinya boleh menggunakan bahasa lain, tapi tetap menonjolkan bahasa Indonesia,"ucapnya.

Dia menuturkan, lembaga penerima penghargaan akan terus dibina oleh Balai Bahasa Sumbar sehingga akan menjadi mitra dalam pengembangan dan penyempurnaan bahasa Indonesia.

"Kira-kira pada bulan Agustus nanti, tim balai bahasa akan terjun langsung kembali melihat apakah penggunaan bahasa Indonesia itu pada saat lomba saja atau sudah menjadi pembiasaan,"beber Akhri Meinhardi. ArulDp