Menag Yaqut: Pancasila, Bukti Majunya Peradaban Indonesia

Menag Yaqut: Pancasila, Bukti Majunya Peradaban Indonesia

Jakarta, Menag--Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai Pancasila merupakan bukti dari majunya peradaban Indonesia. 

"Mempersatukan Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan agama, yang wilayahnya terdiri dari ribuan pulau, bukanlah sesuatu yang mudah," kata Menag Yaqut, di Jakarta, Kamis (1/6/2023). 

"Tapi founding fathers kita berhasil melakukannya. Mereka berhasil merumuskan Pancasila sebagai _kalimatun sawa_ yang menyatukan Indonesia. Ini bukti, Indonesia memiliki peradaban yang maju," sambungnya. 

Hari ini, yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, menurut Menag, menjadi momentum bangsa untuk mengulang majunya peradaban tersebut. 

"Pancasila ini sudah final. Dan ini sudah jadi alasan yang cukup bagi kita semua untuk tetap hidup damai berdampingan dan saling menghargai," tutur Menag. 

Dengan kesadaran tersebut, maka tiap insan di negeri ini, akan mampu merajut sinergi dan kolaborasi untuk memajukan Indonesia. 

"Ke depan, bukan hanya kehidupan di nusantara saja. Tapi saya meyakini, dengan nilai-nilai Pancasila, kita akan mampu bergotong royong membangun peradaban  dan pertumbuhan global," tandasnya. 

Humas