Perkuat Sinergi Kemenag dan Pemda, Kemenag Sumbar Apresiasi Bantuan Pelaksanaan PPG 2023 Bagi 666 GPAI

Perkuat Sinergi Kemenag dan Pemda, Kemenag Sumbar Apresiasi Bantuan Pelaksanaan PPG 2023 Bagi 666 GPAI
Perkuat Sinergi Kemenag dan Pemda, Kemenag Sumbar Apresiasi Bantuan Pelaksanaan PPG 2023 Bagi 666 GPAI

Padang (Humas)- Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (PPG PAI) dalam Jabatan Tahun 2023 kembali akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Kerja sama ini terwujud dalam bentuk dukungan pembiayaan pelaksanaan PPG bagi guru-guru PAI di sekolah.

Hal diutarakan H Naharudin Kepala Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar kepada humas, Kamis (01/06/23).

Sebagai program mandatori atau wajib, menurut H Naharudin Pemda dan Pemprov tahun ini telah menganggarkan pembiayaan PPG bagi guru di Sumbar. “Bahkan telah berjalan sejak tiga tahun yang lalu.”katanya.

Dengan tambahan dukungan pembiayaan dari Pemda melaui APBD, H Naharudin meyakini akan semakin banyak kebutuhan peningkatan kompetensi guru PAI yang dapat terakomodir,sebutnya.

H Naharudin menyatakan, dukungan Pemerintah Daerah merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam upaya bersama meningkatkan kualitas guru-guru PAI. 

“Dengan langkah ini, harapannya ke depan semakin banyak guru PAI yang profesional, kompeten, andal dan sejahtera.” Harapnya.

Sementara itu H Syahrizal selaku Ketua Tim Tupoksi PAI Paud dan Dikdas Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar menyebut hal itu berkat dukungan penuh Kakanwil Helmi terhadap guru PAI.

Ditambah lagi, menindaklanjuti edaran Dirjen Pendis Kemenag RI tentang partisipasi PPG GPAI, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar konsen secara serius, melakukan Koordinasi intens dengan Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota.

“Termasuk Kankemenag Kab/kota  bersinergi dengan para GPAI untuk mendapatkan anggaran PPG melalui APBD.” Jelasnya.

Tercatat, total Jumlah GPAI mendapatkan anggaran APBD Tahun 2023 ini di Sumatera Barat sebanyak 666 orang. Terdiri dari 7 Kabupaten/Kota se- Sumatera Barat, diitambah 2 daerah memperoleh anggaran Dinas Propinsi, tuturnya.

Diantaranya Kabupaten Agam sebanyak 231 orang, untuk Kabupaten Pasaman 23 orang, 242 untuk Pasaman Barat, Kota Padang Panjang sebanyak 29 orang, Kota Payakumbuh 8 orang, Kabupaten Solok Selatan terhitung 20 orang dan Kabupaten Dharmasraya sebanyak 61 orang. 

Sedangkan bantuan pemprov Sumbar untuk dua daerah tercatat 32 orang untuk Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman sebanyak 20 orang.

“Alhamdulillah hari ini dilangsungkan Penyerahan kesediaan pelaksanaan PPG bagi GPAI melalui APBD, bertambah lagi dari Kab.Darmasraya Prov.Sumbar untuk 61 Orang GPAI,” ujarnya diruang kerja Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar.

Dimana untuk total dana pembinaan tersebut senilai Rp.305.000.000 dan akan dilaksanakan pada bulan Juli untuk Batch 2 dan bulan September mendatang untuk Batch 3 tahun 2023 ini.

“Dokumen Pernyataan ini langsung di serahkan oleh Dinas Pendidikan Kab.Darmasraya melalui utusan GPAI yang di terima langsung oleh H.Syahrizal SAg MM selaku PTP PAI (Tim Kerja) dari Bid.Papkis Kanwil Kemenag Prov.Sumbar, dan disaksikan Ketua DPW AGPAI Sumatera Barat Rimelfi dkk,” terang H Syahrizal.

H Syahrizal menilai kerja sama antara Kemenag dengan Pemerintah Daerah serta DPW AGPAII merupakan hal yang patut disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) PAI.

“Tentu kita patut bersyukur, pelaksanaan PPG dalam jabatan kita masih bisa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten maupun pihak Pemprov Sumbar, karena regulasinya masih bisa disupport dari APBD,”tukasnya.

Dengan demikian, peluang percepatan penyelesaian PPG PAI bisa lebih besar dan berdampak bagi mutu pendidikan.

Pernyataan tak kalah menarik diutarakan Ketua DPW AGPAII Rimelfi kepada humas melalui sambungan via seluler. Selaku Ketua AGPAII Sumbar pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Pemda, khususnya perjuangan dan pergerakan pengurus DPD dan DPW AGPAII se- Sumatera Barat dalam membangun koneksi dan koordinasi bersama pihak Pemda dan Pemprov.

"Bahkan hingga saat ini DPW AGPAII Sumbar terus bergerak untuk bantuan biaya PPG PAI dari Kabupaten/kota yang masih belum tersentuh, dan sekarang masih terus berkoordinasi," ujarnya.

Ia mengakui peran aktif Kemenag, Pemda DPRD, DPW AGPAII dan DPD AGPAII SE Sumatera Barat terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif serta berjuang bersama guna meningkatkan mutu guru PAI di Sumbar.(vera)