Haji adalah Ibadah Fisik

Haji adalah Ibadah Fisik
Haji adalah Ibadah Fisik

Payakumbuh, (Inmas)--Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh diwakili Kasi PHU Drs. Hadizamli mengawali manasik rutin dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh di Aula Serbaguna Kankemenag Kota Payakumbuh diikuti Jemaah Calon Haji (JCH) Tahun 2016, Kamis (02/06).

Hadizamli menghimbau kepada JCH tahun 2016 untuk meningkatkan iman dan taqwa serta mengikuti manasik dengan sungguh sungguh termasuk tentang pembinaan kesehatan, baik dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh.

Kepala Dinkes Kota Payakumbuh diwakili Kabid P2PL Hj. Hefi Suryani yang merupakan jemaah haji tahun 2011 Kota Payakumbuh memaparkan tentang istithaah, khususnya dalam hal kesehatan, berhubung Kota Payakumbuh merupakan daerah kuliner 24 jam.

"Haji adalah ibadah yang membutuhkan kesehatan fisik untuk pelaksanaan haji secara mandiri", ujar Hj. Hefi.

Lebih lanjut Hj. Hefi menerangkan bahma Kesehatan manusia dipengaruhi 4 derjat yaitu pertama Perilaku personal 40 %, merupakan kebiasaan personal dalam kesehariannya. PHBS dan pola makan sangat mempengaruhi, kedua   Keadaan lingkungan 30 %, perbedaan iklim dan cuaca yang pasti akan dirasakan jch antara iklim di Indonesia dengan Saudi Arabia, akan mempengaruhi kesehatan JCH, ketiga Genetika 10 % merupakan turunan dari orangtua, seperti Hifertensi dan diabet juga dapat mempengaruhi kesehatan JCH dan terakhir Pelayanan kesehatan 20 %, JCH harus ikut aktif dalam pemeliharaan dan pemeriksaan kesehatan pada lembaga yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk mewujudkan point ke 4, Menteri Kesehatan RI mengeluarkan Permenkes Nomor 15 tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan Haji. Pemerintah Kota Payakumbuh memfasilitasi 8 puskesmas, 23 pustu dan poskeskel yang tersebar di setiap kecamatan dan kelurahan di Kota Payakumbuh untuk pemeliharaan kesehatan JCH pra haji dan TKHI yang telah ditetapkan pemerintah akan mendampingi jemaah mulai dari awal berangkat dan kembali ke tanah air.

Berdasarkan survey di lapangan, jemaah haji Indonesia berusia rata rata 60 tahun. Untuk itu, kepala dinas kesehatan menginformasikan, bahwa pemeriksaan kesehatan haji tahap II akan dilaksanakan tanggal 18 s/d 20 Juli 2016 di Puskesmas Payolansek Kec. Payakumbuh Barat untuk mendapat imunisasi minginitis, vaksin influenza dan pemeriksaan dokter specialist.

Diakhir paparannya Hj. Hefi menghimbau JCH jangan merokok, rajin makan buah dan sayur serta olah raga rutin berkala. uL|DW