1 Orang Meninggal Kloter 11 Padang Kembal Ke Tanah Air

Padang, Humas-- Gerimis adalah rahmat Allah yang turun menyertai datangan Kloter 11 Padang Sabtu 06/07/2024 pada pukul 02.23 WIB telah mendarat dengan selamat di Bandara International Minangkabau (BIM) pesawat Garuda Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GA3411 yang membawa jamaah haji Kloter 11 Padang. Pesawat tersebut bertolak dari Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Azis Madinah pada hari Jumat pukul 13.30 WAS  dengan jumlah jamaah 387 orang dan  5 orang PPIH Kloter. 

Secara umum kondisi jamaah saat turun pesawat dalam keadaan sehat.Jamaah Kloter 11 Padang berasal dari Kota Bukittinggi 316 orang, dan Kota Padang 71 orang dengan Ketua Kloter Tamrin Buyung Ahmad,TPIHI  Akmal Ahmad Wali,Dokter : Muhammad Fadhil, Paramedis : Febriyanti Wardi Hamid dan Trinaldi Djusman Azmir serta Pemandu Haji Daerah (PHD) Ulyadi Yesmar.


Menurut Laporan PPIH Debarkasi Padang, Jemaah Haji Lansia pada Kloter 11 (sebelas) berjumlah 100 orang, Jamaah Haji PDG-11 mutasi keluar karena wafat atas nama Jhony Herman, umur 66 tahun, asal Kota Bukittinggi, wafat di Makkah dan dimakamkan di Sharae.

Setelah progres imigrasi selesa, 10 buah  bus DAMRI yang berisi jamaah haji meninggalkan BIM. Iring-iringan rombongan jamaah Kloter 1 Padang sampai di Asrama Haji Debarkasi Padang disambut PPIH dan P3IH dengan lantunan shalawat  dan seluruh jemaah langsung memasuki aula utama untuk prosesi serah terima. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat  diwakili oleh H. Ramza Husmen  selaku Sekretaris PPIH Debarkasi menerima jema'ah, ditandai penyerahan Bendera dan Mikrofon dari Ketua Kloter 11 H. Tamrin dan Pembimbing Ibadah H. Akmal, Sabtu 06/07/2024 di Aula Utama Asrama Haji Padang. 

Ketua PPIH menyerahkan jemaah pada pemerintah daerah yang diterima oleh Kakankemenag  Kota Bukittinggi, H.Eri Iswandi. Selanjutnya panitia memberikan kalungan Bungan dan  menyerahkan sertifikat penghargaan pada petugas kloter 11 yang telah melaksanakan tugas dengan sukses, melayani jemaah dari Tanah Air, selama proses ibadah di tanah suci dan kembali dengan selamat sampai ke tanah air.

Selanjutnya Jemaah dipandu panitia memasuki BUS yang akan mengantar jemaah ke daerah masing-masing. Hingga berita ini diturunkan sesuai dengan informasi yang diterima dari Sistem  Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI dan dari Ketua Kloter, jumlah Jemaah Haji Embarkasi Padang yang meninggal di Tanah Suci sebanyak 11 orang, bertambah satu orang yakni atas nama Busra Sofyan Arifin, lak-laki meninggal di Makkah pada tanggal 02/07/2024 69 yang berasal dari Kab. Limapuluh Kota Sumbar.


Editor: yma
Fotografer: yma