1 orang tanazul akhir, 392 orang Jamaah Haji KLoter 02 Padang Tiba di Tanah Air.

Padang, Humas -- Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji pada Minggu 23 Juni 2024 yang diisi dengan penuntasan thawaf wadha, sebanyak 392 orang Jamaah Haji Kloter 02 Padang yang berasal dari Kabupaten Agam dengan rincian Pria : 140 orang dan Wanita : 252 bertolak untuk kembali ke Tanah Air. Jamaah yang bejumlah 393 orang saat berangkat harus kembali dengan jumlah 392 orang, satu orang tanazul akhir karena saat ini sedang sakit dan di rawat di Hera General Hospital atasnama Rosdiana binti Jakfar.

Kloter 02 Padang yang didampingi oleh 5 orang PPIH Kloter dan 2 orang PHD yang terdiri atas TPHI : Asrul Syahril Abdul Muthalib, TPIHI : Zulkarnain Batubara Malim Soleh, Dokter : Fakhry Mar I Fathanly, Paramedis : Verawati Erman Muhammad Janawar dan Ayu Wulandari Harison. Adapun Pemandu Haji Daerah (PHD) Jetson Karlis Salam dan Gafnel Gafar.

Tepat Pukul 00.35 WIB Selasa 25 Juni 2024 Jemaah Kloter 2 PDG mendarat dengan dengan selamat  di Bandara Internasional Minangkabau. Proses kedatangan lebih cepat 12 menit dari estimasi waktu kedatangan Pukul 00.47 WIB. Mewakili PPIH Debarkasi Padang, jamaah disambut oleh  oleh Dr. H. Jhon Of Rizal One selaku Koordinator Penerimaan Jamaah PPPIH Debarkasi Padang didampingi oleh Susi Primayeni beserta Kepala antor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Dr. H. Thomas Febria, MA dan rombongan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam dan pemerintah daerah Kabupaten Agam.

Menurut informasi dati TKHI, ada satu orang jamaah yang dipulangkan ke daerah asal dengan menggunakan mobil ambulance, atasnama Masri Bujang Ahmad .

Sesampai di asrama haji PPIH Kloter di sambut dengan pengalungan bunga. Kemudian dilakukan penyerahan jamaah dari PPIH Kloter Asrul kepada PPIH Debarkasi Padang yang di terima oleh H. Edison, S.Ag, MA kemudian di serahkan ke Pemerintah Daerah Agam yang diterima oleh Kakankemag Agam Dr. H. Thomas Febria, MA

Sampai saat ini sesuai dengan informasi yang diterima dari Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI, jumlah Jemaah Haji Embarkasi Padang yang meninggal di Tanah Suci, sebanyak 5 orang dengan data jemaah haji sebagai berikut :

Kloter 1 Muslim Ismael Laki-laki, meninggal di  Makkah pada 22/05/2024 dalam usia 50 Tahun asal Kota Padang Sumbar, Kloter 9 Retnoyarni Syafei Adam Perempuan, meninggal di  Madinah pada tanggal 23/05/2024 dalam usia 61  berasal dari Kab. Pesisir Selatan Sumbar, Kloter 12 Musri Makmur Maabai Laki-laki meninggal di Makkah pada 13/06/2024 dalam usia 77 berasal dari Kota Padang Sumbar, kloter 10 Hendriyati Bahar Mak Lasa Perempuan meninggal di Makkah pada  tanggal 18/06/2024 dalam usia  62 berasal dari Kota Padang Panjang Sumbar dan Kloter 6 Kadiman Martomiredjo Laki-laki meninggal di  Makkah 21/06/2024 dalam usia 73 berasal dari Kab.Mukomuko Bengkulu. 

Menurut informasi dari PPIH Embarkasi Debarkasi Padang, H. Mahyudin menyampaikan  demi kenyamanan jamaah dan moto Haji ramah lansia, maka da beberapa  Inovasi Pelayanan Di Debarkasi Padang Tahun 1445H/2024M, diantaranya; Menu makanan khusus bagi jemaah haji lansia, Pelayanan kursi roda bagi jemaah haji yang membutuhkan, Pengantaran koper kabin jemaah haji ke kamar masing-masing dan Penggunaan kendaraan khusus untuk mengantar jemaah haji kepenginapan.(Mira)


Editor: YMA
Fotografer: YMA