10 mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang mengikuti PPL KKN di MTsN 2 Solok

Koto Baru Humas - Sebanyak 10 mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang mengikuti praktik lapangan (PPL) di MTsN 2 Solok. Penyerahan mahasiswa PPL ini dilakukan secara resmi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Rehani, M.Ag kepada pihak madrasah yang diterima langsung oleh Kepala Madrasah, Erdinal, S.Ag, di ruang kepala madrasah, Selasa (16/7).

 

Dalam sambutannya, Erdinal menyampaikan ucapan terima kasih kepada UIN Imam Bonjol Padang atas kepercayaan yang diberikan kepada MTsN 2 Solok untuk menjadi tempat pelaksanaan PPL. Ia berharap dengan adanya program PPL ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman berharga dalam dunia pendidikan dan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 2 Solok.

 

“Selamat datang kepada seluruh mahasiswa PPL UIN Imam Bonjol Padang di MTsN 2 Solok. Kami berharap dengan adanya program PPL ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman berharga dalam dunia pendidikan dan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah kami,” ujar Erdinal.

 

Lebih lanjut, Erdinal menjelaskan bahwa selama PPL, para mahasiswa akan melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran, seperti mengajar, membimbing siswa, dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan PPL ini juga dihitung sebagai bagian dari KKN (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa.

 

“Para mahasiswa akan melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran, seperti mengajar, membimbing siswa, dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan PPL ini juga dihitung sebagai bagian dari KKN mahasiswa,” jelas Erdinal.

 

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Rehani, M.A menyampaikan bahwa kegiatan PPL KKN terintegrasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 06 Desember 2024.

 

Dengan harapannya agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan PPL ini dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta kepada pihak madrasah untuk dapat membimbing dan mengarahkan para mahasiswa sehingga mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus.

 

“Saya harap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan PPL ini dengan sebaik-baiknya. Saya juga mohon kepada pihak madrasah untuk dapat membimbing dan mengarahkan para mahasiswa sehingga mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus,” ujar Dr. Rehani, M.Ag

 

Dalam pelaksanaan PPL ini, para mahasiswa akan dibimbing oleh para guru pamong di MTsN 2 Solok. Kordinator Guru Pamong adalah Dasmawati, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, dengan anggota Ferni Hastuti (Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan), Rahmat (Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas), dan Yulil Putra (Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana).

 

UIN Imam Bonjol Padang adalah salah satu perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Universitas ini memiliki 9 fakultas dan 1 program pascasarjana. UIN Imam Bonjol Padang berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

 

Adapun Nama Mahasiswa PPL KKN yaitu 

1. Yulia Rahmida Putri Jurusan BKPI dengan Guru Pamong Astika Rahayu Kahar, S.Pd, 2. Yulrika Purnama Jurusan MPI dengan Pembimbing Mera Fitria, S.IP, 3. Syiti Nur Ainun Djazuli Jurusan PAI Guru Pamong Wermayuda, S.Pd.I, 4. Aufa Rafiqi Jurusan PAI Guru Pamong Yuldafriyenti, M.Pd, 5. Lyra Vriska Prisilia Jurusan Bahasa Arab Guru Pamong Livia Susanti, M.Pd.I, 6. Rahmi Safitri Jurusan Bahasa Arab Guru Pamong Deshamita, M.Pd.I, 7. Febryani Mispa Trisnav Jurusan Bahasa Arab Guru Pamong Susi Marlianto, S.Ag, 8. Zaskia Azzura Jurusan IPS Guru Pamong Ferni Hastuti, SE, 9. Siti Sundari Jurusan Matematika Guru Pamong Ramadanis, S.Pd dan 10. Sa'adutul Kamilah Jurusan Bahasa Inggris Guru Pamong Yuli Desmita, S.Pd. Rahmat | Fendi


Editor: Fendi