167 Jemaah Haji Kabupaten Solok Ikuti Launching Senam dan Batik Haji

Koto Baru, Humas - 167 Jemaah Haji Kabupaten Solok antusias mengikuti launching senam dan batik haji 2024 yang berlangsung di lapangan basket MAN 1 Solok Plus Keterampilan, Minggu (28/4) pagi.

Acara yang digelar secara nasional ini dibuka secara daring oleh Menteri Agama yang diwakili oleh Sekjen M. Ali Ramdhani didampingi oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief dan pejabat lainnya.

Secara off air launching ini dihadiri oleh Bupati Solok yang diwakili staf ahli H. Eva Nasri, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli, Ketua DWP Ny. Yesi Zulkifli, para kepala seksi dan penyelenggara, kepala KUA, Perwakilan Bank Penerima Setoran BPIH dan Kepala MAN 1 Solok Drs. Syukrizal dan para jemaah.

Dalam sambutan secara daring, Sekjen Kemenag M. Ali Ramdhani menyampaikan harapan jemaah haji selalu sehat sejak keberangkatan hingga kembali ke tanah air dan dapat menyandang haji yang mabrur dan mabrurah.

"Dengan Launching senam sehat ini diharapkan jemaah haji selalu sehat sejak keberangkatan hingga kembali ke tanah air dan dapat menyandang haji yang mabrur dan mabrurah," harap M Ali Ramdhani.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli kepada jemaah menyampaikan bahwa senam haji ini bagian dari rangkaian istitha'ah kesehatan yang dilalui jemaah sejak sebelum melakukan pelunasan.

Disampaikan oleh H. Zulkifli, setiap selesai pelaksanaan musim haji, Kementerian Agama selalu evaluasi pada semua lini baik petugas sebagai panitia dan jemaah sejak dari keberangkatan hingga kembali ke tanah air. Salah satu dari hasil evaluasi tersebut adalah masalah kesehatan, yang kemudian diwujudkan dengan isthita'ah sebelum pelunasan, pemeriksaan kesehatan jemaah secara berkala dan senam jemaah untuk menjaga kebugaran.

Kepada jemaah, H. Zulkifli kembali berpesan untuk selalu menjaga kesehatan, meningkatkan kualitas ibadah agar nanti di tanah suci lebih sempurna lagi amalannya dengan mengulang dan memantapkan hafalan-hafalan yang disampaikan dalam manasik.

Menutup sambutannya H. Zulkifli menyampaikan terima kasih kepada Bank Nagari cabang Syariah Solok dan BSI cabang Solok yang telah mendukung acara ini serta kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan yang telah memfasilitasi senam haji ini. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi