283 Siswa Baru MTsN 2 Solok Ikuti Matsama, Dibuka langsung oleh Kakankemenag Kab. Solok

Koto Baru, Humas – Sebanyak 283 siswa baru MTsN 2 Solok mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2024/2025 yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 16 Juli sampai 18 Juli 2024.

Kegiatan Matsama ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok H. Zulkifli, S.Ag. MM didampingi oleh Kasi Penmad Kemenag Kab Solok Lizi Virma Suryanti bertempat di lapangan Madrasah, Selasa (16/7).

 

Dalam sambutannya, Kakankemenag Kab. Solok H. Zulkifli menyampaikan beberapa harapan kepada siswa baru, antara lain:

 

Memiliki akhlak yang mulia dan terpuji, bersemangat dalam belajar dan berprestasi, menjadi siswa yang disiplin dan taat aturan dan menjaga nama baik Madrasah.

 

Kakankemenag juga berpesan kepada siswa baru agar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya selama di madrasah untuk menimba ilmu dan pengalaman.

“Masa ini adalah masa yang tepat untuk menanamkan pondasi ilmu dan karakter yang kuat. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk belajar dan berprestasi,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Solok Erdinal, S.Ag menyampaikan bahwa Matsama bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan Madrasah kepada siswa baru, serta menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap madrasah.

 

“Melalui Matsama ini, kami harapkan siswa baru dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan madrasah dan segera mengikuti proses belajar mengajar dengan lancar,” ungkapnya.

 

Erdinal juga menyampaikan bahwa MTsN 2 Solok berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh siswanya. “Kami akan terus berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah ini, sehingga dapat melahirkan generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan berprestasi,” imbuhnya.

 

 

“Kami berharap siswa baru dapat menjadi siswa yang disiplin, taat aturan, dan selalu menjaga nama baik madrasah. Kami juga berharap siswa baru dapat menjadi generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan berprestasi,” ujar Erdinal.

 

Erdinal mengajak seluruh siswa baru untuk bersama-sama membangun MTsN 2 Solok menjadi madrasah yang lebih baik. “Marilah kita bersama-sama membangun MTsN 2 Solok menjadi madrasah yang lebih baik. Madrasah yang berprestasi, madrasah yang berakhlak mulia, dan madrasah yang dicintai oleh masyarakat,” pungkasnya

Sementara Panitia Pelaksanaan sekaligus Wakil Kesiswaan Ferni Hastuti dengan adanya Matsama ini, siswa baru dapat memahami budaya dan nilai-nilai yang ada di madrasah, serta dapat menjadi siswa madrasah yang berakhlak mulia.

 

Matsama MTsN 2 Solok diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain: Pengenalan lingkungan madrasah, penyampaian materi tentang visi, misi, dan program madrasah, Materi Moderasi Beragama, Pendidikan Karakter, Budaya Madrasah, Ramah Teknologi, Penceghan Narkoba, Bullying dan pelecehan Seksual serta Penggunaan Media Sosial.

 

Ditambahkan Ferni di Hari terakhir siswa baru mengikuti latihan PBB dengan pelatih didatngkan langsung dari Koramil Kota Solok. Dengan harapan setelah menjalani Matsama siswa fokus dalam kegiatan PBM, Ujarnya. Rahmat | Fendi


Editor: Fendi