30 ASN Sumbar Ikuti Training Center Calon Kafilah MTQ VII Korpri Nasional

Bukittinggi, Humas--Menyongsong Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VII Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tingkat Nasional, Sumatera Barat menggelar Pemusatan Latitan (Training Center) bagi calon Kafilah yang akan menjadi duta Sumbar.

Training Center ini dibuka Gubernur diwakili Asisten III Administrasi umum yang juga Wakil Ketua I KORPRI Sumbar didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, Yufrizal. Turut hadir Kabid Pengembangan BKD Sumbar, Deri Irwan, Ketua Tim SBI dan MQH, Afrizal.

Kakanwil diwakili Kabid Penais Zawa mengaatakan 30 ASN ini akan mewakili 9 (sembilan) cabang dan 16 (enam belas) nomor yang diperlombakan tahun ini pada MTQ Korpri Nasional di Kalimantan Tengah.

"Mereka adalah para duta terbaik yang akan kita utus ke Tingkat nasional di provinsi Kalimantan Tengah awal November mendatang. Tentunya kita mendoakan para duta kita ini mampu menampilkan dan mempersembahkan yang terbaik," harapan Kabid

Dikatakan Yufrizal, melihat proses dan hasil seleksi yang dilaksanakan, sejauh ini melibatkan semua pihak untuk menjaring peserta yang kompeten dibidangnya.

"Kita juga menghadirkan para pelatih yang profesional saya sangat optimis Sumatera Barat kembali berjaya ditingkat nasional dan kembali mengukir prestasi yang membanggakan," tuturnya.

Dalam perjalanannya lanjut Yufrizal, Sumatera Barat tidak pernah kering dan kekurangan dalam memproduksi para qari qariah berprestasi, baik pada ajang MTQ nasional maupun MTQ korpri yang akan segera dihadapi.

"Sumatera Barat tidak pernah absen dalam menghasilkan para peserta yang berprestasi di kancah nasional ini. Maka dalam musabaqah kali ini tentunya kita juga tetap bertekad dan mempertahankan trend sebagai provinsi yang selalu diperhitungkan di tingkat nasional," ujarnya lagi.

Kabid meyakini, tekad untuk mendapatkan hasil serta menjadi yang terbaik merupakan sebuah keniscayaan. Hasil terbaik tidak akan didapatkan dari pola latihan dan dari usaha yang lembek, maka kegiatan TC ini merupakan sebuah bentuk usaha dan semangat untuk menjadi yang terbaik.

"Saya mengajak kita semua untuk memandang semua ajang MTQ ini bukan hanya sebagai sebuah acara rutin, bukan menang kalah dalam seni membaca Alquran. Saya mengajak kita semua bagaimana tidak mengabaikan nilai- nilai sportifitas," katanya mengingatkan.

Untuk itu, ambung Yufrizal, mari jadikan MTQ KOPRI ini tetap menjadi salah satu sumber kesejukan, sumber melimpahnya ukhuwah, ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah.

"Hati kita seharusnya merasa damai setiap kali membaca Alquran, merasa tenteram setiap kali mendengarkan alunan ayat suci Alquran," 

Pemusatan Latihan tahun 2024 ini menghadirkan peserta dari ASN (PNS dan PPPK) utusan Korpri Unit, Korpri Kabupaten Kota, Instansi Vertikal se-Sumatera Barat dengan peserta 30 orang.

Calon kafilah Sumbar ini akan dilatih pengurus MTQ KORPRI Nasional, Muhammad Ramli Massenge, bersama 9 pelatih Sumbar selama tiga hari, mulai hari ini, Senin, 30 September hingga 2 Oktober mendatang. Rinarisna


Editor: Risna
Fotografer: Istimewa