461 Siswa Kelas X MAN 2 Padang Ikuti Pembekalan Kemdikma

Padang, humas -- Tercatat 461 siswa kelas X MAN 2 Padang mengikuti pembekalan pengetahuan dan keterampilan tentang kepramukaan. Kegiatan pembekalan digelar dalam rangka menyongsong Kemah Pendidikan Madrasah (Kemdikma) 2023.

Kemdikma 2023 tersebut dipusatkan di Hall Umar bin Khattab Kampus MAN 2 Kota Padang, Jln. Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun dan berlangsung 18 Agustus hingga 12 September 2023 mendatang.

"Sebelum Kemdikma, siswa perlu mendapatkan informasi dan pemahaman utuh terkait tentang arti pentingnya pramuka bagi mereka," kata Akhri Meinhardi, saat kepada MandupaNews, Sabtu (09/09/2023).

Akhri Meinhardi menyebut, melalui pembekalan ini akan dapat merubah pandangan sebagian siswa yang sering menyalah artikan bahwa kegiatan pramuka, hanya acara huru-hara.

"Banyak hal yang diajarkan dalam kepramukaan, seperti kepemimpinan, hidup mandiri, peduli terhadap sesama, solidaritas dan juga tentang kesantunan," sambungnya.

Menurut Akhri Meinhardi, pada prinsipnya pramuka itu wajib diikuti oleh seluruh siswa baru kls 10 SMA/MA/ sederajat, hal ini sesuai amanat UU No. 12 tahun 2010 yang mengatur aspek pendidikan kepramukaan.

Dia berharap, pembekalan ini mampu menumbuhkan dan membangun kecerdasan siswa pada ranah sikap dan perilaku, sehingga siswa akan mampu mengembangkannya nanti pada saat Kemdikma.

Pembekalan Kemdikma menyajikan materi-materi tentang kepramukaan yang meliputi, sejarah pramuka, PBB untuk putra, sandi 2 untuk putri dan tali menali serta pendirian tenda.

Untuk diketahui, MAN 2 Kota Padang akan melaksanakan Kemdikma bagi siswa kelas X. Kemdikma itu sendiri akan digelar 14 hingga 16 September 2023 di Camping Ground Nagari Sungai Sarik Padang Pariaman. ArulDp 

 


Editor: -
Fotografer: -