50 Siswa MAN 2 Kota Padang Ikuti ANBK 2023

Padang, humas -- Tercatat 50 Siswa MAN 2 Padang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Assessment Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kegiatan ANBK itu sendiri diselenggarakan secara daring bertempat di Laboratorium Bahasa Kampus MAN 2 Kota Padang Jln. Gajah Mada No 100. Gunung Pangilun Padang dan akan berlangsung selama 2 hari yakni 30-31 Agustus 2023 mendatang.

Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi mengungkapkan, ANBK bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di satuan pendidikan. 

Menurutnya, terdapat tiga tipe asesmen yang akan diujikan pada ANBK, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berupa literasi dan numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Untuk Survei Lingkungan Belajar, ia mengungkap bentuknya seperti angket yang diisi oleh siswa, guru dan kepala sekolah/madrasah untuk menganalisa jalannya pembelajaran. Sementara literasi dan numerasi ditentukan berdasarkan kompetensi paling dasar yang perlu dimiliki siswa.

Ditambahkannya ke-50 siswa yang mengikuti ANBK ini merupakan siswa pilihan dari 1.450 jumlah siswa MAN 2 Kota Padang. Ia mengatakan siswa dipilih secara acak oleh pemerintah pusat melalui kemendikbudristek.

"ANBK diikuti siswa kelas XI. Pelaksanaan ANBK tidak dilakukan terhadap siswa tingkat kelas XII supaya perbaikan masih bisa dilakukan setelah hasil asesmen keluar," ungkap Akhri Meinhardi.

Dia menjelaskan hasil ANBK akan diberikan ke sekolah sebagai pemetaan awal capaian pendidikan. Tindak lanjutnya, hasil menjadi acuan untuk perbaikan kebijakan di madrasah nantinya

"Karena ini hasilnya akan menjadi acuan bagi madrasah, maka siswa harus serius dalam menjawab soal, analisa dulu, baru diisi jawabannya. harapan madrasah tertompang kepada siswa yang 50 ini," pungkas Akhri Meinhardi. ArulDp 


Editor: -
Fotografer: -