Tandatangi Perjanjian Kerjasama, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Serta 2 Penerbit Apresiasi Proyek Perubahan Kakanwil

Padang, Humas -- Penanda Tanganan Naskah Perjanjian Kerjasama antara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Mahyuddin, MA didampingi Kepala Bagian Tata Usaha H.Edison, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H.Hendri Pani Dias dengan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Kepala Cabang Pernerbit Erlangga dan Tiga Serangkai berjalan sukses, Senin 30/09/24 di Ruangan Kerja Kakanwil.

Dimulai oleh Kakanwil dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat diwakili Sekretaris H.Endang Kurniady, kerjasama tentang Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Digital dan Arsip pada Madrasah, kemudian dilanjutkan dengan Kepala Cabang Pernerbit Erlangga Fitra Ahmad Dhani dan Kepala Cabang Tiga Serangkai Atmojo Pambudi.

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan, bahwa "ini adalah sebagai tindaklanjut dari Proyek Perubahannya tentang Smart Madrasah Library (Pusat Pembelajaran Islam Modern) pada Madrasah di Provinsi Sumatera Barat, yang tujuan jangka pendeknya mendesain aplikasi untuk madrasah, sebagai koleksi digital yang bisa diakses melalui jaringan" ujarnya.

"Selanjutnya tujuan jangka menengah  proyek perubahan ini adalah mengembangkan perpustakaan digital di 164 madrasah negeri di Provinsi Sumatera Barat dalam rangka peningkatan mutu madrasah mewujudkan madrasah maju, bermutu dan mendunia, dan untuk jangka panjang mengembangkan perpustakaan digital pada 1.228 madrasah yang ada di Sumatera Barat" jelas Mahyudin.

Menurutnya, Perpustakaan Digital ini untuk memperkaya bahan dan buku ajar di Madrasah, "sekarang diaplikasi smart madrasah library ini sudah diinut 265 buku, belum termasuk buku terbitan Tiga Serangkai dan Erlangga, mudah-mudahan setelah MoU hari ini, akan menambah persediaan buku melalui penerbit Tiga Serangkai dan Erlangga" jelasnya.

"diambil penerbit Tiga Serangkai dan Erlangga untuk perjanjian kerjasama ini, disebabkan Madrasah banyak menggunakan buku-buku dari 2 penerbit ini" lanjutnya.

Kabid Penmad H.Hendri Pani Dias dalam hantaran kata, sebelum penandatanganan menyampaikan bahwa untuk tahun pertama hasil kesepakatan akan diuji cobakan untuk Madrasah yang ada di Kementerian Agama Kota Padang, setelah itu akan dilanjutkan untuk Madrasah di Sumatera Barat.

"Untuk penerbit Erlangga dan Tiga Serangkai kita berharap ada buku-buku digital yang bisa dicantumkan di aplikasi Smart Madrasah Library ini" ujarnya.

"Penerbit menyediakan buku-buku yang masuk ke akan dimasukkan dalam aplikasi, kemudian Kanwil memberikan kesempatan dan pasilitas kepada penerbit untuk mensosialisasikan produknya dengan tidak mengikat" tambahnya.

Disisi lain, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Penerbit Erlangga dan Tiga Serangkai menyampaikan hal senada, menyambut baik program yang disampaikan Kakanwil terkait Digitalisasi Madrasah dan siap mendukung serta mensupport terwujudnya program ini, hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Penerbit Erlangga dan Tiga Serangkai dalam sepatah katanya.

Turut hadir dalam penandatangnan Ketua tim dijajaran penmad, sekretariat serta rombongan dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan, tim dari Penerbit Erlangga dan Tiga Serangkai. (egn)


Editor: Eri
Fotografer: Egn