Kakanwil : Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Desa Wisata Kabupaten Kota se Sumatera Barat Buka Layanan Sertifikasi Halal On The Spot

Lima Puluh Kota, Humas -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin dan Ny.Hj. Rosnimar Mahyudin Ketua DWP Kemenag Sumbar hadiri Kampanye Halal di Objek Wisata Harau Kabupaten Lima Puluh Kota di damping Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota H.Irawan, Ketua DWP Ny. Delvinawati Irwan serta Jajaran Kankemenag Lima Puluh Kota, Sabtu, 04/05/24 di Kawasan Wisata Harau.

Hadir Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Kepala Perdagangan Koperasi dan UKM, Pepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas DPMPTSP, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas lingkungan Hidup, Kepala Resor-BKSDA Lima Puluh Kota, pelaku UMKM calon penerima Sertivikat Halal dan Pelaku UMKM Usaha Kuliner, Dinas Pariwisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kepala Madrasah, Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala KUA dan ASN di lingkangan Kemenag Lima Puluh Kota.

H.Mahyudin dalam arahannya menyampaikan tanggal 18 Oktober 2024 merupakan batas akhir dari kewajiban pelaku UMKM untuk memiliki sertifikat “saat ini terdata 38.784 sertifikat halal di Sumatera Barat bersertifikat halal, ini akan menjadi nilai tambah bagi setiap produk UMKM baik secara ekonomi maupun dari perspektif agama” ujarnya.

Ditegaskan bahwa, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah meluncurkan aplikasi si-halal yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengurus sertifikat halal, “Bapak Ibu akan dibantu dalam proses pengurusan sertifikat halal oleh PPH yang telah ditetapkan, untuk itu, bagi yang belum agar segera mengurusnya” pinta H.Mahyudin.

Lanjut Kakanwil, “hari ini, seluruh Kabupaten Kota se Sumatera Barat laksanakan Akselerasi Sertifikasi Halal Produk dengan membuka sertifikasi halal on the spot secara serentak, bersama 34 Provinsi se Indonesia di Desa Wisata” ungkapnya.

Menurut H.Irwan Kakankemenag Lima Puluh Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Lima Puluh Kota Bupati beserta memberikan support dan dukungan untuk suksesnya kegiatan Wajib Halal Oktober (WHO) tahun 2024, “sekarang di Lima Puluh Kota telah dikeluarkan 1.850 sertifikat halal bagi pelaku usaha, merupakan hasil dari kerjasama serta kerja keras para 69 orang PPH dan dukungan dan support dari pemerintahan daerah, terimakasih pak Bupati” ucap H.Irwan.

Sementara itu H.Safaruddin Dt.Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kehadiran lansung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat di Lima Puluh Kota dalam rangka kampanye WHO 2024, “kehadiran Kakanwil menjadi motivasi tersendiri bagi Pemerintah Daerah Lima Puluh Kota untuk menjadi pusat produk halal Sumatera Barat” tuturnya.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan penyerahan 15 sertifikat halal secara simbolis oleh Kakanwil bersama Bupati Lima Puluh Kota, Kakankemenag Lima Puluh Kota kepada pelaku usaha di Kabupaten Lima Puluh Kota.(egn)


Editor: -
Fotografer: -