AGPAI Kabupaten Solok Gelar Halal Bi Halal, Ini Pesan Kakankemenag

Koto Baru, Humas - Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Kabupaten Solok Gelar Kegiatan Halal Bihalal 1445 H yang bertempat di Masjid Agung Darussalam Islamic Centre Koto Baru Solok. Jum’at,(26/04).

Halal Bi Halal 1445 H ini bertemakan “Kembali Fitrah, mengali potensi diri dengan memperkuat silaturahmi untuk mencapai insan yang madani”.

Dihadiri oleh Bupati Solok diwakili, drg. Muswir Yones Indra, MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM, Para Kasi, Kepala KUA Kecamatan se Kab. Solok, Kepala Madrasah se Kab. Solok, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK, serta tamu undangan lainnya dan ikuti Guru Pendidikan Agama Islam se Kab. Solok sebanyak 631 orang.

Kegiatan Halal bihalal, digelar untuk menjalin silahturahmi dengan Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama selaku Pembina Guru Agama di Daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok, H. Zulkifli, mengingatkan kepada semua Guru Agama Islam untuk selalu menjalin silaturahmi dan menjaga persaudaraan yang dilandasi dengan kasih sayang meskipun beda tingkatan, golongan dan status sosial serta saling berbagi informasi.

“Jangan pernah menilai seseorang hanya berdasarkan apa yang kita inginkan, selalu ciptakan silaturahmi dan koordinasi antara Guru PAI dengan Kemenag dan Pemda Kab. Solok dan selalu berbagi informasi untuk meningkatkan potensi diri karena Guru PAI tersebar hingga pelosok daerah diseluruh wilayah Kab. Solok,” ucapnya.

H. Zulkifli juga menambahkan bahwa guru agama harus meningkatkan wawasan dengan banyak belajar agar tidak gagap saat menjadi tempat bertanya oleh masyarakat karena guru agama dianggap sebagai orang yang mempunyai ilmu agama yang lebih luas dibandingkan masyarakat umum. 

Selain itu, juga Kakankemenag menyampaikan pesan kepada Guru PAI agar menyiapkan anak didiknya dengan memastikan aqidahnya mantap, ibadah tertuntun dengan rapi, akhlak terbangun dengan baik, melatih publik speaing yang baik dan membangun publik relation.

Sementara itu, Plt. Kasi Pendidikan Agama Islam, H. Bustami, S.Ag, M.MPd yang merupakan Pembina langsung dari Guru Agama Islam dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh panitia pelaksana.

“Kepada semua Guru Agama Islam agar terus menjaga integritas keislaman dan kebangsaan sebagai pendidik yang mampu mencetak mentalitas dan moralitas yang akhirnya mampu menghadirkan generasi yang baik dan berakhlakul karimah,” pesannya.

Sebelumnya Dalam laporan Ketua AGPAI, Bukhari, S.Ag, MA menyampaikan jumlah Guru PAI se-Kabupaten Solok adalah 631 orang yang mengajar pada 467 Sekolah, baik SD, SMP, SMA atau SMK di Kabupaten Solok.

“Mereka terdiri dari 270 orang PNS, 361 orang Non PNS dan 260 sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru. Kami berharap kepada Kadis Pendidikan dan Kakankemenag agar bisa lebih memperhatikan guru kita ini untuk bisa lebih bersemangat lagi dalam belajar dan mendidik anak-anak kita,” ucapnya.

Kegiatan Halal Bi Halal 1445 H berjalan dengan lancar dan sukses dengan Pemberi tausiyah Ustadz H. Drs. Syahrul Wirda, MM. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri