Aksi Nyata Pelaksanaan P5 dan P2RA di MIN 3 Kota Padang

Padang, Humas--Sabtu 26 Agustus 2023 kembali MIN 3 Kota Padang melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin ( P2RA). P5 dan P2RA merupakan salah satu program kurikulum merdeka yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolah. Tujuannya adalah menjadikan peserta didik memiliki kompetensi dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. 

MIN 3 merupakan salah satu madrasah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka diterapkan pada jenjang kelas 1&4, 2&5. Program P5 dan P2RA dilaksanakan setiap hari Sabtu. Pada tahun pelajaran 2023/2024 di semester ganjil ini MIN 3 mengambil tema gaya hidup berkelanjutan dengan salah satu kegiatannya adalah menyemaikan bibit ikan di kolam MIN 3. 

Kolam yang pada awalnya berpungsi sebagai tempat  resapan air, sekarang dimanfaatkan sebagai tempat memelihara ikan. Pada hari Sabtu tanggal 26/8/2023 para siswa bersama wali murid secara serentak membawa bibit ikan. Waka kurikulum, ketua komite, wali kelas, wali murid dan siswa secara bersama-sama melakukan pelepasan bibit ikan. Adapun jenis ikan yang dibudidayakan di kolam ini adalan ikan nila.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan madrasah. Selain itu juga sebagai sarana belajar bagi siswa, menambah wawasan, menanamkan kecakapan hidup, pengalaman dan kemandirian untuk masa depan. Pada akhirnya ikan itu juga bisa dikonsumsi. Bahkan meskipun kegiatan ini baru namun mendapat perhatian besar dari para siswa.

Sementara itu Kepala MIN 3 kota Padang Yul Efendi mengatakan, "kolam ikan yang ada di lingkungan madrasah ini akan terus dipertahankan dan dipelihara. Untuk itu kita akan manfaatkan sebaik-baiknya, kita tidak akan membiarkan kolam ini kosong, makanya sekarang kita jadikan kolam ini sebagai tempat pemeliharaan ikan dan hal ini juga bisa menjadi sarana belajar bagi siswa. ucapnya". Lebih lanjut kepala madarasah berharap agar seluruh warga madrasah turut menjaga dan memelihara kolam ikan ini dengan baik. (SE)

 


Editor: -
Fotografer: -