Apresiasi Kemenag Pasaman Buat 4 Pemuka Masyarakat Matuse

Pasaman, Humas—Ada rasa syukur dan bangga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Yasril terhadap empat Tokoh Masyarakat Kecamatan Mapat Tunggul Selatan (Matuse).

Keempat Pemuka Masyarakat Matuse ini, dipandang Yasril telah berjasa berdirinya Kampung Al Qur’an di ranah Pasaman. Dan ini adalah satu-satunya ada di Sumatera Barat yang telah dilaunching Bupati Pasaman Sabar AS.

“Bapak Haji Alwi Nasution, Amrhu Ismadi, Amran dan Tiproni adalah Inisiator berdirinya Kampung Al Qur’an di Jorong Muaro Nagari Muaro Sei.Lolo Kecamatan Matuse, nun jauh di ujung Pasaman”, terang Kakan Yasril.

Kehadiran Kampung Al quran ini, menurut Yasril merupakan terobosan yang luar biasa, pantas untuk diberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya, karena sangat bermnafaat bagi umat.

Dari itu, Kementerian Agama melalui Kepala Kankemenag Pasaman menyerahkan piagam Penghargaan kepada keempat tokoh tersebut, Selasa (23/1) pada acara tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Tahun 2024. Mereka didampingi Kepala KUA Kecamatan Syahrijal Nst yang terbilang punya peranan juga berdirinya Kampung Al quran di ranah Matuse.

Sambung Yasril, penghargaan yang diberikan Kemenag Pasaman ini, dianggap belum sebanding dengan gagasan dan ikhtiar para tokoh dan masyarakat Matuse.

Karena di matanya, di tengah kegersangan umat dengan lantunan ayat suci al quran, para tokoh ini mampu menghilangkan dahaga itu dengan mendirikan Kampung Al quran, yang bertujuan semakin cintanya masyarakat sekitar terhadap kitab pedoman umat Islam tersebut.

Ditambahkan Yasril, Kemenag melalui KUA akan terus berkontribusi untuk lestarinya keberadaan Kampung Al Quran ini di bumi Pasaman saiyo


Editor: abie
Fotografer: abie