ASN Kemenag Padang Masuk Daftar Juara Favorit Penyusunan Policy Brief Moderasi Beragama 2024

Padang, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Edy Oktafiandi ucapkan selamat dan sukses kepada Ratna Dewi Perencana Ahli Madya Utusan Kantor Kemenag  Kota Padang berhasil meraih predikat Juara Favorit dalam Kompetisi Policy Brief Moderasi Beragama 2024.

Dimana penghargaan tersebut diterima pada Jumat (27/9/2024), menandai puncak ajang bergengsi tersebut.

Edy menjelaskan bahwa, Kompetisi ini diikuti oleh 226 peserta yang berasal dari delapan kementerian dan lembaga di seluruh Indonesia, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan fungsional tertentu. 

Salah satu peserta terbaik, Ratna Dewi, S. Kom, ME yang menjabat sebagai Perencana Ahli Madya Kemenag Kota Padang, berhasil masuk ke dalam 15 besar dan tampil memukau di babak grand final yang diselenggarakan di Bali.

Ratna Dewi  bersama 14 finalis lainnya mempresentasikan policy brief mereka di hadapan dewan juri. Menariknya tahun ini, peserta kompetisi tidak hanya berasal dari perencana dan analis kebijakan, tetapi juga Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai jabatan fungsional lainnya.

Ketua Dewan Juri, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Msi, sekaligus menjabat sebagai Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menyampaikan bahwa, seluruh finalis layak menerima penghargaan atas kualitas karya mereka. 

“Semua peserta sangat baik dalam menyampaikan presentasi. Ide-ide yang mereka kemukakan dapat menjadi acuan bagi para pembuat kebijakan,” ujar Ketua Dewan juri tersebut.

Sang Rektor, menambahkan bahwa tujuan kompetisi ini bukan sekadar mencari pemenang, tetapi lebih dari pada itu ajang peningkatan kemampuan peserta dalam menulis policy brief yang bermanfaat. 

"Yang terpenting adalah bagaimana rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan dapat diterapkan oleh pembuat kebijakan" sambung Sudiana.

Sebagai Informasi, Kompetisi ini juga melibatkan peserta dari berbagai kementerian dan lembaga, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muko-Muko, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Perindustrian, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

Berikut daftar pemenang Kompetisi Policy Brief Moderasi Beragama 2024:

Juara Terbaik :

Juara Terbaik 1: Alifah, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung

Juara Terbaik 2: Saefullah Sanggala, BPOM

Juara Terbaik 3: Rahmat Saehu, BRIN

Juara Harapan 1: Ari Eko Saputra, Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Selatan

Juara Harapan 2: Dr. Halili, Kantor Wilayah DIY

Juara Harapan 3: Dr. La Rudi, Kan Kemenag Wakatobi

Juara Favorit

1. Reski Saputra, Kantor Kemenag Kabupaten Indragiri Hulu

2. Brian Prathistha, Kementrian PPN Bappenas

3. Emmy Jumaritna, Kanwil Kemenag Kalbar

4. Ratna Dewi, Kan Kemenag Kota Padang, Sumbar

5. Maryam Hamid, Kanwil Kemenag Gorontalo

6. Inasan Khoirul Qolbi, Ditjen Bimas Islam

7. Putu Wika dan Tim, STAHN Mpu Kuturan Singaraja

8. Fatimah Zuhrah, BRIN

9. Zulkifli Ariadi, MTsN 1 Kota Pekanbaru, Riau

Sementara itu, Ratna Dewi Perencana Ahli Madya Kemenag Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kota Padang.

Mulai dari Kepala Kantor, Kepala Subbag TU, segenap unsur Kepala seksi dan Penyelenggara Zawa beserta Aparatur Sipil Negara JFT, JFU Kemenag Kota Padang.

Pengawas Madrasah/PAI, Kepala KUA, Penyuluh, Penghulu, Kepala Madrasah dan seluruh ASN Kementerian Agama Kota Padang.

Yang telah mendukung dan mensuppor sehingga saya bisa meraih prestasi ini, tanpa Doa dan dukungan Bapak/ Ibu semua saya tidak ada apa-apanya, terang Ratna Dewi seraya menyudahi. (Haris tj)


Editor: HarisTJ
Fotografer: ZT79