Bangun Integritas, DWP Kementerian Agama Provinsi Sumbar Berikan Sosialisasi “Kusemai Nilai” Pada DWP Kemenag Kota Padang

Padang, Humas – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Padang dibawah Nahkoda Ny. El Edy Oktafiandi dan jajaranya mengelar Wirid Bulanan dan pada momentum kali ini bertepatan  pada Jumat 15 September 2023, bertempat di Aula Lt.2 Kemenag Kota Padang.

Ketua DWP Kemenag Kota Padang, Ny. El Edy Oktafiandi dalam sambutannya menyebutkan bahwa pada pertemuan kali ini kita sengaja mengundang Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar , Ny. Hj Nazifah Helmi untuk memberikan Pembinaan sekaligus Sosialisai “Kusemai Nilai” Pada DWP Kantor Kementeria Agama Kota Padang.

Adapun Pelaksana kegiatan dari Unit DWP KUA Padang Utara Kota Padang, MAN 2 Kota Padang, MTsN 6 Kota Padang  yang diawali dengan melantunkan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan bershalawat kepada Nabi Baginda Rasulullah sebanyak satu kali, maka Allah SWT akan membalas Rahmat Nya sebanyak sepuluh kali.

Selain itu, bagi umat muslim shalawat merupakan bentuk kasih sayang dan bentuk cinta kepada Rasulullah SAW dan shalawat yang sebaiknya di hari Jumat yakni shalawat ummi.

Dikatakan dalam sebuah hadits bahwa keutamaan membaca shalawat ummi sebanyak 80 kali di hari Jumat yakni diampuni dosa-dosanya selama 80 tahun, jelas Ny. El Edy.

Sementara itu, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Ny. Nazifah Helmi dalam pemaparannya mengatakan bahwa Kusemai merupakan kepanjangan dari Kutanamkan Sembilan Nilai,  sembilan nilai dimaksud yaitu, jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras,” terangnya.

“Sembilan nilai ini jika kita tanamkan sejak dini di keluarga kita akan memberikan efek tidak hanya sesaat tetapi untuk jangka panjang bahkan masa depan generasi penerus kita,” sambungnya.

Selain itu, Sosialisasi ini bertujuan menandaskan peran DWP sebagai istri ASN Kemenag dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di lingkungan Kementerian Agama dinusantara dari sabang sampai merauke.

“Kusemai merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Agama dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi, institusi yang bersih dan melayani, terbebas dari korupsi,” ungkapnya.

DWP Memiliki peran penting agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama menjauhi sikap koruptif. mari bersama-sama membangun ekosistem budaya antikorupsi dari mulai lingkup terkecil yaitu keluarga, karena keluarga merupakan ujung tombaknya, Ajaknya.

“Maka untuk mewujudkan birokrasi yang bersih diperlukan kerjasama. Oleh karenanya, ayo untuk bergerak bersama,” sambungnya.

Saya  sangat  mengapresiasi dukungan dan kehadiran pengurus dan anggota DWP Kemenag Kota Padang, setiap  saya datang  menghadiri kegiatan rutin bulanan DWP Ibukota Provinsi Sumbar ini selalu ramai dengan Wajah yang Cerah dan bersemangat.

Dan ini menunjukan Pengurus DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang  dan Jajaran  Optimis telah  menerapkan sembilan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, pujinya.

Ditempat yang sama , Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang diwakili Kepala Sub bagian tata usaha Zulfahmi saat berikan penguatannya menuturkan bahwa ini dilakukan sebagai upaya menindaklanjuti program yang diinsiasi oleh Inspektorat Jenderal.

“Dan Dharma Wanita Persatuan Kemenag bersama Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) Indonesia yaitu Kusemai Nilai atau yang lebih dikenal dengan istilah Jumat Bersepeda”, ujar Zulfahmi.

Zulfahmi meyebutkan  peran seorang ibu dinilai sebagai penentu pembangunan karakter anak dirumah makanya pendidikan karakter sebagai upaya pencegahan korupsi, mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan pekerjaan, terangnya seraya menyudahi.

(HarisTJ)


Editor: -
Fotografer: -