Bastini, S.Pd : Pentingnya Pendidikan Kesehatan Bagi Pelajar MTsN 2 Solok

Koto Baru, humas - Upacara bendera rutin dilaksanakan pada Senin (11/9) dilaksanakan di halaman MTsN 2 Solok. Bertindak Sebagai Pembina Kepala Laboratorium IPA MTsN 2 Solok Basyuni, S.Pd dengan pelaksana kelas IX F dengan Wali Kelas Dra. Novarina.

Dalam amanatnya, Bastini mengapresiasi kepada pelaksana upacara yang berjalan dengan baik dan lancar. 

Kepada peserta upacara Bastini menyampaikan Trias UKS atau Tri Program Usaha Kesehatan Sekolah adalah tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan UKS. Trias UKS dilakukan guna meningkatkan kesadaran hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik di lingkungan sekolah.

Ditambahkan Bastini, Tiga program pokok dalam Trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Ketiga program tersebut dapat berjalan jika turut didukung dengan ketenagaan, pendanaan, sarana prasarana, serta penelitian dan pengembangan yang mumpuni.

Pertama Pendidikan Kesehatan, Pendidikan kesehatan merupakan upaya berupa bimbingan atau tuntunan kepada peserta didik tentang kesehatan. Pendidikan meliputi seluruh aspek kesehatan pribadi, mulai dari fisik, mental, maupun sosial.  

Kedua, Pelayanan kesehatan di lingkungan sekolah dilaksanakan oleh tim kesehatan dari Puskesmas yang bekerja sama dengan guru serta kader kesehatan sekolah. Program ini dilakukan secara komprehensif dengan mengutamakan kegiatan promotif dan preventif. dan

Ketiga, Pembinaan lingkungan sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan sehat di sekolah agar setiap warga sekolah mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya. Pembinaan tersebut dilakukan untuk lingkungan fisik maupun non fisik.

Kepala MTsN 2 Solok H. Maidison, S.Pd menyatakan kegiatan upacara merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dengan tulus, dan merupakan pengadian warga negara terhadap negaranya.

Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX serta Majelis Guru dan Pegawai MTsN 2 Solok. Rahmat | Fendi


Editor: -
Fotografer: -