BDK Gelar Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren di Padang Panjang

Padang Panjang, Humas_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Suarman membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) di Aula PLHUT, Senin (26/02/2024).

Panitia pelaksana kegiatan Irna Fitriah dalam laporannya menyampaikan bahwa PDWK tentang Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren dilingkungan Kankemenag Kota Padang Panjang ini dilaksanakan selama enam hari, 26 Februari s.d 02 Maret 2024.

“Kegiatan diangkatkan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan (BDK) Padang dan didanai berdasarkan DIPA Tahun Anggaran 2024 dengan 30 orang peserta, terdiri dari Kepala Madrasah / Sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren di Kota Padang Panjang,” ujarnya.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi Kepala Madrasah / Sekolah dibawah naungan Pondok Pesantren dengan total 60 Jam Pelajaran (JPL)," ulasnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kota Padang Panjang H. Suarman mengucapkan terimakasih kepada Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang, telah mengadakan kegiatan ini diawal tahun 2024.

"Perdana dilaksanakan tahun ini di Kota Padang Panjang, terkait PDWK Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren, tentu anugerah terindah untuk Kota Serambi Mekkah," ujarnya.

"Karena Kota Padang Panjang berjulukan Serambi Mekah tentu bergaris lurus dengan menjamurnya Pondok Pesantren sebagai sarana pendidikan semenjak dahulu," tuturnya.

"Semoga dengan digelarnya pelatihan ini menambah eksisnya Pondok Pesantren dari Kota Padang Panjang hingga Internasional," tukasnya.

Adapun materi beserta Narasumber dalam PDWK Pelatihan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran ini adalah sebagai berikut : Pertama, Building Learning Commitment (BCL) oleh Media Eka Putra, M.Ag; Kedua, Pembangunan Bidang Agama bersama Kakankemenag Drs. H. Alizar, M.Ag; Ketiga, Keuangan Pesantren oleh Media Eka Putra, M.Ag dari BDK Padang; Keempat, Kehumasan dan Kewirausahaan (Ekonomi Kreatif) oleh Media Eka Putra, M.Ag; Kelima, Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kemenag bersama Drs. H. Risani, MH (Kepala BDK Padang).

Kemudian dilanjutkan dengan Materi Kebijakan Manajemen Pondok Pesantren dan Kurikulum Pondok Pesantren bersama Dr. H. Saidan, M.Ag (dari Ponpes Shine Al- Falah), serta terakhri Nilai-Nilai Dasar SDM bersama H. Syaiful Arifin, S.Ag, M.Pd (Kasi Pendi Pontren Kankemenag Kota Padang Panjang).

Selain dihadiri peserta diklat, turut menghadiri kegiatan pembukaan kegiatan ini JFT dan JFU Kankemenag Kota Padang Panjang.(Adi)


Editor: Supriadi
Fotografer: Supriadi