BDK Padang Gelar Diklat Penguatan Moderasi Beragama di Kemenag Solok

Koto Baru, Humas - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang menggelar Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Penggerak Penguatan Moderasi Beragama kepada para ASN dilingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, Senin (29/01).

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kubung ini diikuti oleh 30 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Kantor Kemenag Kab. Solok. Pelatihan ini  berlangsung selama enam hari mulai dari tanggal 29 Januari hingga 03 Februari 2024. Narasumber yang mengisi materi pelatihan berasal dari Balai Diklat dan Keagamaan Padang , Widyaiswara Indonesia dan Rumah Moderasi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM saat membuka kegiatan tersebut berharap agar kegiatan Pelatihan Penggerak Moderasi Beragama ini, menjadikan Kabupaten Solok mampu menata kehidupan beragama, menjaga kerukunan dan terhindar dari faham-faham radikalisme didalam instansi yang dipimpinnya itu dan kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini sebaik-baiknya.

“Ikutilah dan manfaatkanlah kesempatan yang diberikan kepada bapak/ibu semua untuk meningkatkan kemampuan sebagai ASN Kemenag yang paham tentang moderasi beragama, yang akan dibina langsung oleh narasumber yang ahli dibidangnya selama enam hari kedepan,” ucapnya.

Kakankekemenag juga mengatakan manfaat dari kegiatan ini juga sebagai ajang mempererat silaturahmi, semoga kegiatan ini bernilai ibadah.

Selain itu, "Kita sebagai bagian dari pemerintah harus mampu menjadi contoh untuk masyarakat, menyatukan segala perbedaan, berbeda pendapat dan berbeda agama tidak menjadi pemisah antara satu dengan yang lain," tutup H. Zulkifli.

Ketua Panitia Pelatihan Irna Fithriah, SE,MM mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan prioritas Kementerian Agama, bertujuan untuk menjaga keharmonisan umat beragama di Indonesia dalam kemajemukan, baik dari aspek suku, budaya, bahasa maupun agama.

Menurutnya, mengacu pada KMA Nomor 93 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Penguatan Moderasi Beragama Bagi ASN Kementerian Agama.

Lebih lanjut, Irna Fithriah, SE,MM menyatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan, keahlian serta keterampilan Moderasi Beragama bagi ASN dilingkup Kantor Kemenag Kab. Solok dalam melakukan tugas dan fungsinya yang sesuai dengan standar kompetensi di wilayah kerja BDK Padang.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Fuadi Nawawi, MA, Kasi Bimas Islam, Zulfatmai, S.Ag, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Bustami, S.Ag, M.MPd, Penyelenggara Zakat Wakaf, H. Busdimar, S.HI, Koordinator Kepegawaian, Sesmadewita, S.Sos.I, MAP, Ketua Panitia, Irna Fithriah, SE,MM, Sekertaris Panitia, Fahmeini dan dari Widyaiswara Drs. H. Edison, M.Pd.I dan Dr. Hj. Agusrida serta dari Rumah Moderasi, Aidil Aulya, S.Hi, M.A.Hk. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: N.DY