Bentuk Sikap dan Etika Kepemimpinan MTsN 3 Solok Gelar LDKM

Koto Baru, Humas – MTsN 3 Solok Gelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan Madrasah (LDKM) dengan tema "Membentuk Sikap dan Etika Kepemimpinan Siswa Yang Responsif dan Kompeten". Kegiatan LDKM ini berlangsung selama tiga hari tanggal 28, 29 Agustus dan 10 September 2024 mendatang. Rabu (28/08).

Acara ini dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan dua hari untuk pemberian materi kepemimpinan yang dilaksanakan di madrasah dan satu hari lagi dalam bentuk outbond yang dilaksanakan di Solok. Kegiatan ini diselenggarakan oleh OSIM dibawah bimbingan pembina OSIM Wahida Nia Elfiza, S.Pd, M.Si dan wakil Pembina Hendrizon, S.Si, yang diikuti 37 orang peserta berasal dari Anggota OSIM, PMR dan Pramuka MTsN 3 Solok.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-28 at 22.17.17 (1).jpeg

Dalam Sambutan Kepala Madrasah diwakili Kepala Tata Usaha, Amri,S.P.d.I, M. Pd mengatakan bahwa harus ada tiga hal yang dimiliki oleh seseorang pemimpin yaitu pertama  tokoh, memiliki jiwa dan ilmu kepemimpinan, yang kedua takah, penampilan yang menarik dan rapi dan yang ketiga kokoh, kuat fisik dan materi.

Amri juga mengatakan Kegiatan LDKM ini sangatlah penting di adakan karna merupakan wadah penggemblengan bagi siswa untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.

“Kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh seluruh pengurus OSIM, karna seorang pengurus harus mampu menjadi pemimpin yang tangguh dalam sebuah organisasi,”ucapnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-28 at 22.17.17.jpeg

Selain itu, Amri juga mengatakan bahwa belajar kepemimpinan suatu keharusan, dan seorang pemimpin harus memiliki jiwa yang tangguh, memiliki ilmu pengetahuan, wibawa dan pengalaman. Semakin tinggi kepemimpinan akan semakin tinggi tantangan yang akan kita hadapi.

“Sebagai contoh A di dalam kelas sebagai ketua kelas harus menjadi penasehat bagi teman-temannya yang lain. Oleh karna itu latihan dasar kepemimpinan ini adalah wadah sebagai seorang pelajar untuk menimbah ilmu kepemimpinan,”tutupnya.

Materi latihan dasar kepemimpinan meliputi materi kepemimpinan, Kesekretariatan, manejemen waktu dan Dinamika kelompok. Semoga kegiatan ini dapat melahirkan calon pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan dan jiwa kepemimpinan yang bijaksana  serta cerdas dalam memimpin dan mengambil keputusan. Ilma|N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Ilma