Bertanding Pada PORSADIN Ke-6 Tingkat Provinsi, 8 Kafilah Tanah Datar Dilepas Keberangkatannya Hari Ini

Batusangkar-Humas Info : Sebanyak 8 Kafilah dilepas keberangkatannya sebagai peserta Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) Ke-6 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024. Delapan Kafilah yang berasal santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dilepas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar H. Amril bersama Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Sosial dan PPPA Afrizon di Aula Kantor Kemenag, Jum'at (13/9).
 
Even yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) ini akan berlangsung di Kabupaten Pesisir Selatan pada 13 - 15 September 2024. Dalam laporannya, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) Joni Roza menyampaikan 8 Kafilah ini akan berjuang di cabang MTQ (2 peserta), Tahfidz Juz Amma (2 peserta), Pidato Bahasa Indonesia (2 peserta), Kaligrafi dan Puisi Islami. "Kafilah berangkat hari ini menuju Painan, Kabupaten Pesisir Selatan bersama keluarga pendamping, official, Seksi PD. Pontren dan Kepala Kantor Kemenag untuk mendampingi dan memberi dukungan," ungkap Joni Roza.
 
Memberi dukungan pada sambutan pelepasan, H. Amril berpesan kepada Kafilah untuk tidak ragu menunjukkan kemampuan terbaik, berjuang dengan semangat juang yang tinggi, tetap rendah hati dan junjung tinggi sportivitas. "Ingatlah, kemenangan bukan hanya soal meraih juara, tetapi juga proses belajar dan berkembang. Jadikan momen PORSADIN untuk mengasah kemampuan, memperluas wawasan dan menjalin silaturahmi," ucap H. Amril memberi semangat kepada peserta.
 
Hal senada disampaikan Kepala Dinas Sosial dan PPPA Afrizon pada sambutannya. Ia mengucapkan selamat berjuang serta mengingatkan untuk selalu support dengan do'a. Selain itu juga mengingatkan Kafilah untuk menjaga kesehatan dan makanan serta memperhatikan perbedaan dan perubahan cuaca. "Pemda Tanah Datar dan Kemenag merupakan mitra strategis dalam membangun pendidikan agama di Tanah Datar. Sudah ada regulasi yang mengatur Lembaga Pengembangan Al-Qur'an (LPA) dan MDTA salah satunya. Kita support segala bentuk kompetisi untuk mencetak generasi muda yang cerdas dan berakhlak, terlebih berprestasi," ucap Afrizon.
 
H. Amril berharap Kafilah yang akan bertanding menjadi duta yang mengharumkan nama Tanah Datar. "Pantang menyerah pada tantangan, teruslah berinovasi dan raih prestasi setinggi-tingginya. Selamat bertanding! Jadilah juara secara prestasi maupun juara dalam akhlak. Semoga Allah SWT meridhoi setiap usaha kita," tutup H. Amril memberikan harapan dan do'a.
 
Pada momen ini juga ditampilkan perwakilan Kafilah untuk unjuk penampilan pada cabang Puisi dan Pidato Bahasa Indonesia. Turut hadir pada pelepasan ini Kasubbag TU H. Helmi Zuldi, Kepala Seksi, Penyelenggara dan Ketua DWP Kemenag Tanah Datar Ny. Hj. Gusminar Amril. (AP/UH)

Editor: Anggi
Fotografer: Ulfa