BHR Kab. Solok Pantau Hilal di Sitinjau Lauik

Humas - Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Solok memantau hilal di Bukit Berbunga Panorama Dua Sitinjau Lauik, Minggu (10/3).

Ikut dalam rombongan Tim BHR ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli dan perwakilan BRI Cabang Solok.

"Kita sudah sampai dilokasi sejak pukul 18.00 WIb kurang tadi, dan mulai mempersiapkan pengamatan hilal dengan mengarahkan alat ke lautan samudera Hindia / Pantai Padang," ujar Kakan Kemenag H. Zulkifli.

Namun hingga pukul 18.45 WIb hilal tidak terlihat, selain cuaca berkabut juga posisi hilal masih dibawah. "Hal ini sudah kita laporkan kepada Kanwil Kemenag Sumbar sebagai masukan penetapan awal Ramadhan," ulas Kakan Kemenag.

Ditambahkan Kkan Kemenag, melalui sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas di Jakarta telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada 12 Maret 2024 atau Selasa mendatang yang artinya umat Islam di Indonesia mulai puasa pada hari tersebut.

"Terkait adanya umat Islam yang akan mulai puasa pada hari Senin (11/3) tidak ada halangan atau larangan, Pemerintah juga mempersilahkan. Yang penting jangan sampai perbedaan awal puasa ini menjadi pertentangan yang dapat merusak ukhuwah islamiyah ditengah masyarakat," tukuk H. Zulkifli.

Kembali H. Zulkifli mengimbau masyarakat untuk mensyiarkan Islam selama Ramadhan dengan kegiatan positif dan memperbanyak beribadah menggapai ridhaNya dan tidak larut dalam perbedaan awal mulai puasa ini.

Menutup keterangannya, H. Zulkifli atas nama lembaga dan pribadi mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Jufriyanto