Bimbingan Manasik Haji di Agam, Kakanwil Imbau Jemaah Jaga Perilaku Hidup Sehat, Jauhi Aktivitas Kurang Penting

Padang (Humas)- Dalam rangka memberikan pelayanan bagi jemaah calon haji (Calhaj), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam mengadakan Bimbingan Manasik Haji Reguler Tingkat Kabupaten Agam Tahun 1445H/2024M di Ponpes  Thawalib Parabek Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, Jumat (26/04/2024).

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar H Mahyudin berkesempatan hadir membuka secara resmi sekaligus memberikan pembinaan terkait kebijakan pemerintah pada penyelenggaraan haji 2024.

Dalam paparannya, Kakanwil menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan untuk jemaah haji khsusnya jemaah lanjut usia (Lansia).

Kebijakan Istithaah kesehatan ditetapkan sebagai syarat pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah haji (Bipih) dan keberangkatan haji. Karena itu Calhaj yang masuk kuota dan cadangan diminta melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan keterangan Istithaah kesehatan.

Lebih jauh, Mahyudin  mengingatkan jemaah haji Kabupaten Agam harus fokus beribadah menunaikan ibadah haji. 

"Jangan sampai jemaah terlalu disibukkan dengan hal-hal yang kurang penting seperti bekal makanan dan lainnya. Biasanya ibu-ibu yang suka kalap berbelanja, ini mohon diperhatikan mengingat koper bawaan jemaah maksimal hanya dibolehkan 32 kg," ungkapnya.

Kakanwil juga mewanti wanti agar jemaah tidak perlu risau masalah makanan dan keperluan pendukung lainnya, selama di tanah suci. Karena semuanya sudah disiapkan di tanah suci. 

"Yang penting jaga kesehatan, berolahraga, perbanyak ibadah,” pesannya lagi.

Mahyudin memandang bahwa manasik haji menjadi penting selain untuk membekali jemaah agar lebih memahami proses pelaksanaan ibadah, tapi juga karena belum tentu ada kesempatan kedua atau ketiga di lain waktu.

“Sudah diketahui masa antrian atau waiting list jemaah haji itu begitu panjang. Mencapai puluhan tahun, makanya manfaatkan kesempatan ini dengan baik, ikuti manasik haji sepenuh hati, insyaallah bapak dan ibu pulang membawa haji mabrur dan mabrurah,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Agam H Thomas Febria dalam laporannya mengungkapkan jumlah jemaah haji Kabupaten Agam yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun 2024 sebanyak 435 orang. Dimana yang tergabung dalam kloter 2 sebanyak 386 dan kloter 17 sebanyak 49 orang.

“Jemaah dengan usia termuda 24 tahun, dan tertua berusia 84 tahun. Insyaallah dan alhamdulilah seluruh dokumen sudah dan vaksinasi sudah selesai,”katanya.

Acara bimbingan manasik haji turut dihadiri Kakankemenag Agam H Thomas Febria, Kasi PHU Zulkarnain Batubara, Kasi Pontren Yunaldi, Kasi PAIS Mursal Asmir, Saikul Madrasah Buya Riswandi, Kepala MTs Parabek Novitri, panitia pelaksana manasik haji dan 435 jemaah haji.(vera)


Editor: Vethria Rahmi
Fotografer: VR