Bimtek EDM dan eRKAM, Tingkatkan Kualitas Madrasah Mandiri Berprestasi

Padang, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Edy Oktafiandi didampingi Kepala seksi Pendidikan Madrasah Farhan Furqani, membuka secara resmi sekaligus memberikan penguatan kegiatan pendampingan Bimbingan Teknis Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis Elektronik (eRKAM) bagi Madrasah se Kota Padang, Jumat (27/09/24), berlangsung di aula lt.2 Kemenag setempat.

Edy Oktafiandi  menjelaskan bahwa, madrasah sebagai milik masyarakat harus responsif dan tanggap terhadap regulasi yang berkembang di dunia pendidikan yang setiap saat berubah. 

“Para guru-guru madrasah harus memiliki performa yang bagus, karena kompetisi kita luar biasa,” ujar Edy memuji.

Lebih jauh dipaparkan Edy,  bahwasanya Platform yang disebut e-RKAM atau Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik, termasuk di dalamnya ada aplikasi EDM (Evaluasi Diri Madrasah) yang dikembangkan oleh Kementerian Agama ini hadir untuk menjawab tantangan dan kebutuhan madrasah.

Platform e-RKAM dan EDM ini merupakan sebuah terobosan penting untuk mendorong tata kelola pendidikan yang efektif dan efisien. Cukup dengan satu aplikasi, pengelola madrasah dapat membuat usulan program kerja dengan berbasis kebutuhan (need assesment), bukan keinginan semata. 

“Melalui aplikasi e-RKAM dan EDM ini pengelola madrasah dapat bekerja secara lebih mudah, sehingga tidak membebani tugas pengelola Madrasah,” ujar Edy penuh harap.

Hal ini dilaksanakan agar waktu dan energi para kepala madrasah dan guru tidak banyak tersita untuk membuat laporan atau LPJ (Laporan Pertanggungjawaban), tetapi bisa dimanfaatkan untuk lebih fokus memikirkan pengembangan mutu pembelajaran siswa, sambung pria kelahiran kubu marapalam kota padang ini.

"Platform e-RKAM dan EDM membuka peluang pengelolaan dana BOS dan dana-dana lainnya secara transparan dan akuntabel yang dapat dipantau secara berjenjang mulai tingkat Satuan Pendidikan Madrasah, Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kanwil Kementerian Agama Provinsi hingga pusat" ulas Edy seraya tersenyum tipis.

Diakhir penuturannya Kepala Kantor Edy, berharap dengan menggunakan aplikasi e-RKAM dan EDM ini dapat memangkas birokrasi pelaporan dan juga efisiensi belanja serta dapat meningkatkan kualitas madrasah yang lebih baik yang selalu mengikuti perkembangan zaman Dewasa ini, pungkasnya.

Kegiatan tersebut, diikuti oleh Kepala, Bendahara, Admin EDM dan eRKAM Madrasah se-Kota Padang, serta menghadirkan narasumber dari seksi Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar Taslim Perdana.(Haris Tj)


Editor: HarisTJ
Fotografer: ZT79