BKMT Kecamatan Pariaman Timur Ikuti Sosialisasi Moderasi Beragama

Pariaman, Humas_Kakankemenag Kota Pariaman H. Rinalfi didampingi Kasubbag TU dan Kasi Bimas Islam, bersama pejabat dan jajaran hadiri kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama yang diangkatkan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Pariaman Timur, Kamis (26/09/2024).

Digelar di Aula Kankemenag Kota Pariaman, kegiatan berupa pemaparan materi oleh Narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

H. Yufrizal (Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sumbar), dalam pemaparannya menyampaikan motivasi dan obsesi seorang Da’i, mengajak agar manusia yang masih hidup, senantiasa bersemangat menjadi pembimbing (Da’i).

Sembari mengutip Al-Qur’an Surat Fushilat, ayat 33.

QS Fussilat : 33

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَـٰلِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

wa man aḥsanu qaulam mim man da'ā ilallāhi wa 'amila ṣāliḥaw wa qāla innanī minal-muslimīn

Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, "Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?"

“Diantara orang-orang baik adalah menyeru manusia kepada Allah dan orang yang cerdas tentu senantiasa selalu berserah diri kepada Allah,” tuturnya.

Selain Kabid Penaiszawa, Kakankemenag juga menyampaikan materi terkait Moderasi Beragama.

Kakankemenag memaparkan bahwa BKMT adalah garda terdepan membentuk kelompok pengajian yang besar, nyata dan masif. “Tidak ada organisasi pengajian lain sebesar BKMT saat ini di Sumatera Barat,” ujarnya.

"Kegiatan pengajian yang diadakan oleh BKMT, juga berdampak nyata terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pariaman," jelasnya.

Lebih lanjut, Kakankemenag menyebutkan bahwa seluruh pengurus beserta anggota BKMT, memilki tanggung jawab moral terhadap kegiatan keagamaan.

"Itulah sebabnya, apapun kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan keagamaan selalu didukung penuh Kementerian Agama," pungkasnya.

Ketua BKMT Kecamatan Pariaman Timur, Jasriati memuji komitmen Kakankemenag Kota Pariaman, yang menaruh perhatian terhadap BKMT. “BKMT dan Kementerian Agama seperti memilki chemistry yang sama. Ketika menyampaikan masalah langsung direspon. Kalau seperti ini pimpinan, Insyaallah bawahan akan sejahtera,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini dihadiri 50 orang peserta dari pengurus beserta anggota BKMT Kecamatan Pariaman Timur.

Dikatakannya juga, ada tiga hal penting dalam Islam. Yaitu mempelajari Islam, mengamalkannya, dan membuat Islam itu besar. “Syiar seperti BKMT ini adalah bentuk nyatanya,” ujarnya. (Adi/Meri)


Editor: Supriadi/Asmeri
Fotografer: Asmeri