Buka Kegiatan Audit Internal Implementasi SMAP ISO 37001:2016, Kakanwil Sebut Empat Kompetensi Ini Wajib Dimiliki ASN

Padang (Humas) – Demi memastikan apakah SMAP yang telah direncanakan, diimplementasikan dengan baik oleh organisasi, khususnya Kanwil Kemenag Sumbar hari ini, Senin (14/08) Kakanwil hadir membuka kegiatan audit internal di aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar.

Dihadiri juga secara virtual oleh Dwi Antara Konsultan SMAP ISO 37001:2016, Kakanwil Dr H Helmi, M.Ag mengapresiasi upaya tim FKAP dan tim auditor internal dalam kegiatan SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) Kemenag Sumbar dalam setiap tahapan yang sudah dilakukan sejak deklarasi.

Sebagai Dewan pengarah Kakanwil Kemenag Sumbar mengapresiasi atas terlaksananya setiap tahapan dalam implementasi SMPA ISO di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar yang dilaksanakan tim FKAP.

“Program manajemen anti Penyuapan SNI ISO 372001:2016 Ini tugas luarbiasa, tanggung jawab besar bagi tim FKAP dan kita semua.”tuturnya.

Kakanwil meyakini, kegiatan audit internal merupakan sebuah langkah dan upaya bagaimana lembaga ini semakin dipercaya dan eksis ditengah masyarakat. 

Sebagaimana kita ketahui dalam fungsi manajemen ada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan yang terakhir evaluasi. Pelaksanaan evaluasi adalah sebuah keniscayaan, yang harus dilakukan.

“Apakah ini sudah sesuai dengan platform, juknis dan ketentuan yang berlaku. Untuk kami ucapkan terimakasih, kepada Tim FKAP, tim Auditor internal dan tim auditor yang sudah bersedia melaksanakan kegiatan ini di lingkup Kanwil Kemenag Sumbar.” Katanya.

Terkait itu, H Helmi menilai seharusnya dalam konteks ini, tim internal Kanwil Kemenag Sumbar, baik tim audit atau auditiy bisa melaksanakan tugas dengan baik. Disamping tugas rutin yang dilaksanakan dan terus berjalan, kegiatan ini merupakan kerja tambahan yang perlu diapresiasi tinggi.

Menurut Helmi sedikitnya ada empat hal yang harus dimiliki ASN. Pertama, punya inovasi dan keinginan untuk melakukan perubahan. Kedua, ASN punya strategi atau cara untuk melakukan perubahan. Ketiga, ia bisa mempengaruhi orang lain. Dan terakhir, pengembangan diri. "ASN tak berhenti belajar dan perlu terus mengembangkan diri untuk peningkatan eksistensi lembaga." jelasnya.

“Saya harapkan seluruh tim audit, dan Audity masing masing bidang melaksanakan tugas ini dengan baik. Terimakasih untuk semuanya kita akan terus maju, setelah audit internal, kita akan melakukan audit eksternal, semoga kegiatan audit internal manajemen  diberkahi Allah SWT,” tandasnya .

Usai dibuka Kakanwil, dihadiri langsung secara virtual oleh Konsultan SMAP ISO 37001:2016 Dwiantara, Tim FKAP Kanwil Kemenag Sumbar auditor internal melakukan audit terhadap seluruh auditee yang telah ditunjuk dan di SK kan oleh Kakanwil.

Sebagai informasi tercatat tim auditor internal SMAP ISO Kanwil Kemenag Sumbar diantaranya, Mulyono, SE Auditor TIM FKAP, Vina Jamila Kinta, S.Kom., M.CIO selaku Auditor Bidang Penmad & Bimas Kristen, Katolik, Budha dan Hindu. Netti, S.Ag sebagai Auditor Bidang PHU. H. Benny Malwa, S.Sos. M.Sos selaku Auditor Bagian Tata Usaha, Pertiwi Immawati, SE Auditor Bidang PAPKIS, H. Indra Gunawan, S.H.I Auditor Bidang Urais dan Damang Sumedi, S.Pd.B Auditor Bidang Penaiszawa. (vera)

 


Editor: -
Fotografer: -