Buka Kegiatan Lokakarya MAN 2 Tanah Datar, Kakankemenag Harapkan Madrasah Mendunia

Batusangkar-Humas Info : Bertempat di Islamic Center Pagaruyung, MAN 2 Tanah Datar mengadakan kegiatan Lokakarya yang diikuti oleh seluruh guru dan karayawan Madrasah pada Selasa (21/5). Acara yang dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, H. Amril didampingi H. Helmi Zuldi selaku Kasi Pendidikan Madrasah dan Yessi Epriyanti selaku Penagwas Madrasah ini berlangsung selama 4 hari hingga Jum'at 24 Mei 2024 mendatang.

Kegiatan Lokakarya tahun ini mengambil tema 'Mewujudkan Pembelajaran Efektif Melalui Pengoptimalan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan'. "Lokakarya ini merupakan agenda tahunan Madrasah sebagai wadah para Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam meningkatkan kompetensi agar semakin siap melayani peserta didik saat ini dan tahun 2025 mendatang", buka Wakil Kurikulum Madrasah, Pesma Diana selaku ketua pelaksana kegiatan.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Tanah Datar, Sabrimen menyebutkan bahwa biasanya kegiatan ini dilakukan di Madrasah saja, namun tahun ini dilaksanakan di tempat lain agar mendapat suasana yang berbeda dan diharapkan lebih serius dalam mendalami materi yang diberikan. "Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 orang guru dan karyawan. Kami mengharapkan mendapat masukan terhadap perkembangan pendidikan Madrasah. Semoga kegaiatan ini berjalan lancar", ujar Sabrimen pada sambutannya.

Saat ini dengan hadirnya kurikulum nasional (kurikulum merdeka), wawasan dan khazanah pendidikan dan pembelajaran yang efektif berpusat pada peserta didik serta berorientasi kepada hasil. Diharapkan guru menjadi kunci utama dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, harus terus belajar dan meningkatkan kompetensinya. "Pendidik dan Tenaga Kependidikan perlu memiliki komunikasi yang baik dengan peserta didik, orang tua dan pihak lain serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan", buka H. Amril dalam sambutannya.

Madrasah secara nasional mengalami beberapa kali perubahan tagline, adapun tagline yang dipakai saat ini adalah 'Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia'. Makna Madrasah Maju yaitu : 1. berkembang pesat, terdepan dalam hal penyelenggaraan pendidikan. "Berkembang pesat ditandai dengan jumlah peserta didik, sarana-prasarana dan kompetensi guru. Buat program unggulan/kelas prestasi sehingga Madrasah kita dicari lulusan SMP/MTs", sambung H. Amril; 2. Berdaya saing tinggi dan bisa menjawab tantangan zaman; dan 3. Peningkatan kualitas dalam berbagai aspek, seperti kurikulum, pembelajaran berkualitas, sarana-prasarana dan manajemen.

Adapun makna dari Madrasah Bermutu yaitu : 1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi; 2. Aspek akademik dan keagamaan. "Tidak kalah penting yaitu pengembangan karakter peseta didik dimana kemampuan agama yang harus lebih unggul dari sekolah umum. Kualitas dari pengembangan karakter peserta didik ditandai dengan sikap kepada guru, orang tua dan orang lain yang baik", tambah H. Amril; dan 3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan akhlak yang baik, ditandai dengan banyaknya lulusan yang masuk di Perguruan Tinggi favorit.

Sedangkan makna Madrasah mendunia ialah : 1. Memiliki visi dan misi yang tidak terbatas pada lingkup lokal dan nasional, perlu mendunia; 2. Berorientasi global dan siap bersaing di kancah internasional, dan 3. Menawarkan pendidikan berkualitas yang diminati dari berbagai Negara. "Mimpi kita Madrasah bisa go internasional, prestasi siswa pada ajang internasional serta jika mungkin siswa Madrasah ada dari Negeri tetangga seperti Malaysia, Singapore, Thailand", tambah H. Amril.

Guna mewujudkan visi misi tersebut, Madrasah harus bekerja keras dan membangun ekosistem yang baik antara lain : mampu membangun tim kerja, semakin banyak yang terlibat semakin baik; membangun network/jaringan dan memperkuat relasi dengan stakeholder; membangun kolaborasi, saling support antar guru untuk berprestasi dan jangan saling menjatuhkan; serta harus banyak inovasi, terobosan pembaharuan dan gagasan baru.

"Semoga acara kita diberkahi dan lancar serta para Pendidik dan Tenaga Pendidik di MAN 2 Tanah Datar menjadi pionir perubahan di Madrasah untuk menjadi Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia", tutup H. Amril seraya membuka kegiatan pada hari ini. (AP/UH)


Editor: Anggi
Fotografer: Anggi