Buka Pelatihan BLK Komunitas Ponpes Perkampungan Minangkabau, Ketim PD Pontren dan Ma’had Aly: Modal Dasar Enterpreneur dan Tingkatkan SDM Santri

Padang (Humas)- Balai Latihan Keterampilan (BLK) Pondok pesantren bermanfaat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) santri sehingga bisa bersaing dengan lulusan lain dalam dunia pekerjaan.

Hal ini ditekankan Yohanis saat membuka secara resmi Pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Teknik Informatika Program Pelatihan Practical Office Advance Tahun 2024 di BLK Komunitas Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau, Selasa (30/04/24).

Selain mendalami agama dan kitab kuning, Pondok pesantren perlu mendalami keterampilan dan pengetahuan lain. Pelatihan BLK di lingkungan ponpes bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja merupakan edukasi wadah untuk mendidik, mengasah keterampilan dan keahlian santri ataupun alumni pondok. 

“Terlebih lagi mereka nantinya akan terjun ke tengah masyarakat. Banyak manfaat dan keahlian yang bisa digali melalui pelatihan ini,” kata Yohanis.

Melalui BLK, sambung  Yohanis pihak ponpes dibawah binaan Kemenag dituntut  mampu mengimbangi ilmu keagamaan dengan Ilmu formil, komputer dan lainnya.

“Sehingga bisa berimbang dalam menyiapkan generasi muda agama yang siap bersaing dengan generasi lainnya di seluruh Indonesia" katanya.

Ia berharap, masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan BLK guna menambah pengetahuan dan menjadi sentral pendidikan agama dan juga keterampilan bagi masyarakat.

Berpusat di Gedung Workshop,  Yohanis mengapresiasi sinergitas pondok pesantren Perkampungan Minangkabau bersama Dinas Tenaga Kerja setempat dalam meningkatkan SDM santri atau pun alumnus santri. 

“ Kegiatan diikuti 16  peserta untuk angkatan tahap II terdiri dari alumni Pondok dan  para generasi muda yang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan BLK setelah melalui uji test tertentu dari pihak ponpes,” katanya.

Hadir pada kegiatan yang diikuti 16 peserta tahap II tersebut Ketua Yayasan Syamsul Akmal menjelaskan,  Pimpinan pondok Pesantren Adi Sahyogi, Kepala BLK Ponpes Niikmatul Laili, peserta dan narasumber.(vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR