Buka Raker Kankemenag Tanah Datar, Kakanwil: Rapat Harus Menghasilkan Kerja Nyata

Batusangkar (Humas)- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H Mahyudin  mendorong jajarannya untuk melakukan evaluasi terhadap program 2023. Menyongsong RPJMN yang akan berjalan kedepan, perlu melakukan akselerasi program dan realisasi anggaran. Sebelum Oktober 2024 diharapkan sudah bisa diselesai.

Hal ini disampaikan Kakanwil saat membuka dan memberi arahan pada Rapat Kerja Daerah yang diselenggarakan Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar di Gedung Islamic Center, Rabu (08/05/24) siang, yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H Amril didampingi Plt Kasubbag Helmi Zuldi. Turut hadir Pejabat Eselon IV Kemenag Tanah Datar, pejabat fungsional dan pelaksana, dengan total peserta sebanyak 60 orang.

Didampingi Kakankemenag Kabupaten Tanah Datar H Amril, Mahyudin meminta seluruh aparatur agar menyesuaikan dan menyusun program dengan cermat. Kakanwil mewanti-wanti agar jangan sampai program yang akan dilakukan dengan pola copy paste.

“Untuk itu ketika melahirkan program perlu melakukan kajian yang matang. Jika tahun kemarin program A, bisa saja tahun ini program B dan C dengan catatan mengacu pada RPJMN dan Renstra yang ada,” ungkapnya.

Selain itu, Kakanwil menuturkan rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar tahun 2024 sangat strategis, mengingat  tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. 

“Bahkan pada saat yang bersamaan, RPJMN 2020 – 2024 juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025.”,Katanya.

Sebagai kementerian yang bertugas dalam pembangunan di bidang agama, Kementerian Agama mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan, lanjut Mahyudin.

Untuk itu kualitas lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama diharapkan  makin maju dan kompetitif, bahkan menjadi pilihan utama masyarakat.

Kakanwil berharap, dalam rangka mewujudkan pengembangan Tata kelola Kementerian agama yang lebih baik, hendaknya dalam rapat kerja ini mencakup kegiatan. Diantaranya, pertama, mengevaluasi kinerja Kemenag Tahun 2023 dan merumuskan program kerja Tahun 2024. 

Kedua, melaksanakan transformasi untuk menghadapi tantangan kedepan. 

Ketiga, pembaharuan dalam pola pikir, budaya kerja serta penggunaan teknologi informasi.

Keempat, memperkuat kapasitas dan efektifitas Kemenag dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Kakanwil meminta fokus pembahasan Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024 ini, berfokus membahas hal-hal seperti menyiapkan satuan kerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan/atau Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), untuk satuan kerja Kantor Kementerian Kabupaten Tanah Datar, dan juga madrasahnya.

Kedua, meningkatkan efisiensi dan efektivitas tata kelola manajemen (tata usaha, perencanaan, keuangan, kepegawaian, dan barang milik Negara).

Ketiga, mendorong percepatan dan penyelesaian izin rumah ibadah.

Keempat, mendorong percepatan sertifikasi dan ruslah tanah wakaf. 

Kelima, mendukung implementasi penyelenggaraan jaminan produk halal dan gerakan nasional mandatori halal 2024.

Terakhir, sambung Mahyudin mendukung implementasi budaya literasi numerasi bagi peserta didik menggunakan metode GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), yang dilaksanakan tahun ini,  untuk  tingkat  MI/MTS/MA.

Disamping itu, kementerian agama juga diharapkan melakukan peningkatan kualitas layanan kelembagaan dengan melaksanakan program strategis diantaranya ekosistem moderasi beragama yang ekspansif.(vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR