Bupati Lima Puluh Kota Didampingi Kakan Kemenag Resmikan Pondok Pesantren Asy-Syamil

Sarilamak, Humas-- Pondok Pesantren Asy-Syamil yang berdiri megah di Nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu, Kabupaten Lima Puluh Kota (31/08) dipadati oleh ratusan tamu undang yang hadir dalam kegiatan peresmian dan serah terima piagam Statistik Pondok Pesantren Asy -Syamil. Kegiatan monumental tersebut dihadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Kakan Kemenag Lima Puluh, Ketua Baznas Lima Puluh Kota, Pengurus Yayasan, Camat Luhak, Kepala KUA Luhak dan tamu undangan lainnya.

H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutannya menyampaikan,”Kabupaten Lima Puluh Kota dianugrahkan Allah S.W.T dengan hamparan alam yang indah dengan berbagai potensi alam yang menarik, termasuk Nagari Tanjuang Haro Sikabu-Kabu yang keindahan alamnya seperti kepingan surga yang turun kebumi. Dan di lingkungan yang indah ini pula, para pendiri, pengurus yayasan bersama msayarakat dan kita semua menyaksikan telah berdiri dengan megah Pondok Pesantren Asy-Syamil yang diikhtiarkan sebagai pusat lahirnya generasi emas Indonesia kedepanya,”, terang Kakan Kemenag.

Lebih lanjut dijelaskan, "Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tumbuh dan berkembang dari kultur dan budaya bangsa Indonesia, oleh sebab itu lahirnya Undangan - Undangan Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, merupakan bentuk pengakuan Negara terhadap eksistensi Pesantren. Secara kelembagaan Pesantren memiliki tiga fungsi strategis, pertama Pesantren berfungsi sebagai lembaga Pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan umat dan bangsa dengan melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas berlandaskan Al-Qur'an. Kedua pesantren berfungsi sebagai sarana dakwah, oleh sebab itu Pesantren Asy -Syamil harus tampil sebagai pusat dakwah yang mencerdaskan umat. Ketiga Pesantren berfungsi sebagai lokomoti pemberdayaan masyarakat, keberadaan Pesantren Asy-Syamil akan melahirkan dapat ekonomi positif bagi masyarakat dan lingkungan sosial,”jelas Alumni Pesantren Kuaman ini.

Kakan Kemenag Lima Puluh Kota menegaskan, “Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memotivasi seluruh jajaran Pesantren untuk terus bertransformasi menuju lembaga pendidikan yang berkualitas. "Atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan selamat dan sukses kepada keluarga besar pesantren Asy -Syamil semoga bermanfaat bagi kemajuan umat dan bangsa.”simpul H.Irwan

Deni Asra Ketua DPRD Lima Puluh Kota dalam sambutannya menyampaikan,"Kehadiran Pesantren Asy -Syamil diharapkan dapat menjadi lokomotif terwujud visi dan misi terwujud Lima Puluh Kota yang Madani, terkhusus dalam melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, oleh sebab itu kedepannya Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder yang ada akan memberikan dukungan nyata bagi suksesnya program pendidikan keagamaan di daerah”.Tegas Deni Asra

Sementara itu H.Safaruddin Dt Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan peresmian Pesantren Asy -Syamil, kehadiran lembaga pendidikan ini tentu akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan Daerah. Saya beharap kedepnay Pesnatren Asy-Syamil dapat menjadi kiblat pendidikan Islam yang paripurna baik ditingkat Regional dan Nasional bahkan sampai di kancah Internasional.”tegas Bupati penuh harap.

Kepada para pendiri, pengurus yayasan, pengelola Pesantren serta masyarakat Nagari Tanjung Haro Sikabu Kabu, Bupati Lima Puluh Kota berharap Pesantren Asy -Syamil dapat menjadi rahim lahirnya generasi muda yang berkarakter dengan profil cerdas intelektualnya, cerdas emosionalnya serta cerdas sosialnya sehingga mampu bersaing dalam percaturan golablisasi dunia’.jelas Bupati mengakhiri sambutanya.

Kegiatan peresmian Pondok Pesantren Asy Syamil ditandai dengan pemotongan pita pemanfaatan komplek Pesantren oleh Bupati Lima Puluh Kota dan penyerahan piagam statistik pendaftaran Pondok Pesantren oleh Kepala kantor Kementerian Agama Lima Puluh Kota. Selamat dan sukses (APP)


Editor: -
Fotografer: -