Bupati Lima Puluh Kota Terima Kado Spesial Menteri Agama Republik Indonesia

Sarilamak, Humas--Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menggelar Malam Resepsi Kenegaran dalam rangka peringatan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 (17/08) di aula Kantor Bupati setempat. Kegiatan pemungkas rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tingkat Kabupaten tersebut dihadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota, Pimpinan DPRD, Dandim 03/06 Lima Puluh Kota, Kapolres Lima Puluh Kota, Kepala Kantor Kementerian Agama Lima Puluh Kota beserta pimpinan forum Forkopimda Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Pada momentum kegiatan tersebut Menteri Agama Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Bupati Lima Puluh Kota, sebagai Kepala Daerah yang telah berpartisipasi mendukung program penguatan fungsi Penyuluh Agama dan Pembentukan Kampung Moderasi Beragama. Piagam penghargaan secara simbolis diserahkan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota kepada Bupati Lima Puluh  didampingi Sekretarsi Daerah Lima Puluh Kota.

H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota dalam sambutanya menyampaikan, “Atas nama pribadi dan Kepala Daerah, saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapkan terima kasih kepada Menteri Agama Republik Indonesia dan jajaran Kementerian Agama Lima Puluh Kota yang telah memainkan peranan strategis dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah, khususnya dalam bidang ke-agamaan. Ikhtiar Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, tentu membutuhkan kolaborasi, koordinasi serta kerjasama dari seluruh stakeholder yang ada," tegas Bupati.

Terkait dengan penghargaan yang diberikan Menteri Agama Republik Indonesia, Bupati memaparkan,”Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh kompoten yang ada, oleh sebab itu melalui momentum peringatan Hari Ulang Tahun Republik IndonesiaKe-78 penghargaan ini, saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat Lima Puluh Kota sebagai kado spesial hari kemerdekaan dari Menteri Agama Republik Indonesia untuk masyarakat Lima Puluh Kota,”jelas Bupati Safaruddin.

Sementara itu H. Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan awak media menjelaskan,”Penguatan moderasi beragama melalui program Kampung Moderasi Beragama merupakan salah satu program stategis yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dimana tahapan implementasinya disusun secara bertahap dan berjenjang.

Dijelaskan juga, khusus untuk Kabupaten Lima Puluh Kota pada Tahun 2023 Kementerian Agama bersama Pemerintah Daerah dengan dukungan berbagai komponen, telah meluanching dua Nagari sebagai pilot project Kampung Moderasi Beragama yaitu, Nagari Tanjung Bungo Kecamatan Suliki dan Nagari Gunung Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru.”Terang Alumni UIN Imam Bonjol ini.

Lebih lanjut dijelaskan, “Hadirnya Duo Nagari pilot project Kampung Moderasi Beragama ini diharapkan dapat menjadi lokomotif untuk menghela Nagari lainnya untuk tumbuh dan berkembang sebagai Nagari perwujudan semangat kerukunan, tolerasi, cinta tanah air dan penghargaan terhadap tradisi lokal dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," simpul Kakan Kemenag. (APP)


Editor: -
Fotografer: -