Bupati Solok Buka Manasik Haji 2024

Koto Baru, Humas - Bupati Solok H. Epyardi Asda membuka manasik bagi 167 jemaah haji Kabupaten Solok tahun 1445 H / 2024 M di Islamic Center Koto Baru.

Ikut menghadiri kegiatan ini Asisten I Drs. Syahrial, Staf Ahli H. Eva Nasri, para pejabat Kantor Kemenag kabupaten Solok dan para Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Solok.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dalam laporannya menyampaikan bahwa 167 jemaah haji ini telah melakukan pelunasan dan melengkapi persyaratan administrasi.

"Proses tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini, jemaah sebelum melakukan pelunasan wajib lulus isthita'ah kesehatan," sampai H. Zulkifli.

Namun demikian sebagian besar jemaah melengkapi persyaratan dan melakukan pelunasan di tahap pertama dan yang melakukan pelunasan di tahap dua adalah jemaah yang masuk kuota tambahan.

"Selain isthita'ah kesehatan, proses adminitrasi yang memakan waktu adalah rekam data via biometrik Arab Saudi, yang Alhamdulillah telah selesai seluruhnya," ulas Kakan Kemenag.

Untuk haji tahun 2024 ini, jemaah Kabupaten Solok akan berangkat dengan gelombang kedua yang artinya dari Tanah Air menuju Jeddah selanjutnya ke Madinah. Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia akan berangkat pada tanggal 12 Mei 2024, untuk Kabupaten Solok yang tergabung dalam Embarkasi Padang menunggu jadwal lebih lanjut.

Menutup laporannya, Kakan Kemenag mengatakan bahwa untuk persiapan keberangkatan jemaah ini, Kantor Kemenag Kabupaten Solok melalui seksi Penyelenggara Haji dan Umrah siap memberikan manasik kepada jemaah baik secara langsung maupun secara online sebagaimana program Kementerian Agama yakni Manasik Sepanjang Tahun.

Bupati Solok yang membuka kegiatan ini mengucapkan selamat kepada jemaah haji yang berkesempatan menunaikan rukun Islam kelima ini. Untuk itu Bupati berharap jemaah mempersiapkan diri dengan baik jelang hari keberangkatan nanti.

"Persiapkan ibadah dengan mengikuti manasik secara sungguh-sungguh dan perbaikimibadah agar di tanah suci bisa merasakan nikmatnya beribadah di tanah kelahiran rasulullah," pesan Bupati.

Bupati juga mengingatkan, selain mempersiapkan ibadah jemaah juga menyiapkan fisik dengan menjaga kesehatan dan olahraga. 

"Satu yang penting dari sekarang untuk melatih kesabaran, krena saat ibadah haji, ribuan umat manusia dari berbagai belahan duni akan berkumpul, berdesak-desakan ditengah cuaca panas adalah satu tuntutan kesabaran. Maka untuk itu latihlah sabar dari sekarang," tambah Bupati.

Menutup sambutannya, Bupati Epyardi Asda berharap jemaah sesampai di tanah suci untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah, berzikir agar nilai spritual ibadah haji makin melekat dalam diri.


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi