Calon Jemaah Haji 1445 H Kab. Tanah Datar Jalani Suntik Meningitis

atusangkar (Humas-info) :  Dalam rangka persiapan keberangkatan ke Tanah Suci, Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tanah Datar mengikuti vaksinasi meningitis yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kementerian Agama setempat (Selasa,23/4)

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid pencegahan dan penanggulangan penyakit P2P Suwanto  Hartono,  Kepala UPT puskesmas Pagaruyung Dr. RozaEefia, koordinator haji dinas Kesehatan Sri Mulyati , Hj. Lince, Pembimbing Ibadah H. Erizal, Ketua Kloter H. Abrar Ali Amran.

Suwanto menyebut pemberian vaksinasi berfungsi sebagai upaya pemberian perlindungan bagi  jemaah haji dari penyakit meningitis sekaligus pencegahan terhadap penularan suatu penyakit yang bisa ditularkan oleh jamaah asal negara-negara lain. Untuk kenyamanan dan kelancaran ibadah jamaah haji Indonesia, sekaligus sebagai upaya pencegahan masuknya penyakit tersebut ke Tanah Air.

“Vaksin Meningitis itu akan memberikan pelindungan kepada jamaah haji supaya kebal terhadap penyakit tersebut. Karena dalam pelaksanaan haji hadir dan berlumpul  jutaan orang dari seluruh dunia, risiko terpapar bakteri selama ibadah sangat tinggi

Dia menilai seluruh jamaah rentan tertular akan penyakit meningitis, terlebih kepada jamaah lansia, atau jamaah dengan penyakit bawaan tertentu. vaksinasi meningitis menjadi keharusan bagi semua CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk mencegah risiko penularan penyakit meningitis atau radang selaput otak

Vaksinasi merupakan salah satu upaya perlindungan kesehatan haji yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesehatan haji.

Hj. Lince sebagai Penanggyungjawab Pengelola Program Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Tanah Datar menyampaikan, Pelayanan suntik vaksin meningitis dan influensa untuk CJH dilaksankan 2 hari, Selasa dan Rabu, untuk hari ini (selasa) jadwal CJH Kecamatan X koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Rambatan, Pariangan, dan Lima Kaum, dan besok (Rabu) bagi CJH Kecamatan Salimpaung, Sungai Tarab, Tanjung Baru, Sungayang, Tanjung Emas, PAdang GAnting, Lintau Buo, dan Lintau Buo Utara

Vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB dengan melaporkan diri terlebih dahulu kepada petugas haji di Puskesmas Pagaruyung Kec. Tanjung Emas, dilanjutkan dengan pengarahan dan sosialisasi pentingnya vaksinasi meningitis  dan influenza oleh Kabid pencegahan dan penanggulangan penyakit (P2P ) Dinas Kesehatan Kab. Tanah Datar, setelah itu secara berurutan setiap CJH terlebih dahulu mengukur tekanan darah, dilanjutkan dengan suntik vaksin meningitis, dan terakhir suntik influensa dengan jarak waktu yang telah disampaikan oleh petugas Kesehatan sesuai dengan petunjuk dan sosialisasi yang disampaikan.

Ditempat terpisah Plt. Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar Joni Roza, mengatakan “Dari 299 orang calon Jemaah haji Tanah Datar tahun 2024 ini (utama dan cadangan), belum seluruhnya bisa divaksin hari ini, sesuai aturan  dan juknis CJH yang divaksin adalah calon Jemaah haji yang telah keluar Istitho’ahnyq, Cadangan yang sudah naik menjadi  porsi utama, dan yang telah melakukan pelunasan pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH). (Novi,Ulf@adi)


Editor: Miftah Novi
Fotografer: Novi