Demi meningkatkan wawasan Calon Kafilah, Pemprov Sumbar adakan TC  I

Padang, Humas--Sebanyak 63 Calon Kafilah Provinsi Sumatera Barat mengikuti Training Center (TC) I sekaligus seleksi jelang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-30 Tingkat Nasional di Kalimantan Timur Tahun 2024  mendatang.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan  LPTQ Sumatera Barat,  Wakil Gubernur Sumatera Barat, H.Audy Joenaldy di dampingi Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Yufrizal membuka secara resmi kegiatan tersebut di  Pangeran City Hotel Padang, Jumat (7/6/2024).

Wagub  Audy  berharap calon kafilah dapat mengikuti TC ini secara disiplin, serius dan bersungguh-sungguh, sehingga nanti saat mengikuti lomba bisa tampil maksimal dan membawa hasil yang membanggakan bagi Provinsi Sumatera Barat.

Sebelumnya, Provinsi Sumatera Barat telah meraih Peringkat Lima Nasional saat  MTQ Nasional ke-29 Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan Tahun 2022.

“Dengan prestasi tersebut, Audy berharap Tahun ini ada peningkatan prestasi, setidaknya bisa mempertahankan di peringkat lima ,” uja Audy  sembari memberi semangat.

Audy  mengatakan, pemerintah daerah selalu bertekad dalam upaya peningkatkan sumber daya manusia. Karena sdm yang unggul merupakan kunci kemajuan suatu daerah.

“Insyaallah dengan bekal anak-anak mengikuti MTQ ini, kelak anak-anak meraih kesuksesan dan menjadi generasi yang hebat dimasa depan ,” jelas Audy

Audy juga berjanji memfasilitasi peserta dalam penyediakan kecukupan gizi dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan selama mengikuti Trainng Center ini. 

Diakhir sambutannya, Wagub Audy  menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak dan ibu pengurus LPTQ, pelatih pendamping serta  Biro Kesra dan Kementerian Agama yang telah mempersiapkan kegiatan ini. Harapan kita Provinsi Sumatera Barat bisa meningkatkan prestasi  pada MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Timur mendatang.

Kabiro Kesra H. Al Amin  dalam sambutannya  mengatakan tujuan dilaksanakan Training Center MTQ Tingkat Nasional XXX adalah; menghasilkan kafilan Sumatera Barat yang kompeten dan berdaya saing dan memberikan pengetahuan dan mengembangkan wawasan kepada peserta MTQ.

Selanjutnya putra Padang ini menjelaskan bahwa dalam TC kali ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 orang pelatih Nasional dan 6 orang elatih lokal, dengan 63 orang peserta hasil seleksi yang telah d lakukan pada bulan Mei lalu. 

Kabiro juga beharap para peserta dapat menjaga kesehatan mengikuti pelatihan dengan baik dan semoga hasilkan kafilah terbaik yang akan mepersembahkan hasil terbaik untuk Sumatera Barat di ajang MTQ Nasional mendatang.

Setelah kegiatan pembukaan peserta diberi arahan dan  motivasi  oleh Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Povinsi Sumatera Barat, H. Yufrizal. Ia mengatakan dalam kompetisi ini niatkan ikhlas dalam mensiarkan Alquran dulu, jangan terfokus pada materi dan hadiah dulu. (Mira)

 


 


Editor: Mira
Fotografer: Mira