Depi Dasmal Bicara 4 Prinsip KMA 450/2024 Dihadapan ASN MAN 2 Padang

Padang, humas - Pengawas Madrasah, Dr. Depi Dasmal, MA sosialisasikan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024 ke Aparatur Sipil Negara (ASN) MAN 2 Kota Padang Plus Keterampilan, Kamis (19/09/2024).

Ikut hadir, Plt Kepala MAN 2 Kota Padang, Al Anshari, Ka TU Arisman, sejumlah wakil kepala (waka) diantaranya, Waka Kesiswaan Yusmal Yani, Waka Akademik Yuliasman dan Waka Sarana Jonismen, serta ratusan ASN.

Dalam kesempatan itu Depi Dasmal memaparkan 4 prinsip KMA 450 Tahun 2024. Doktor Alumnus Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang ini menilai ASN harus paham 4 prinsip KMA 450 tersebut.

Pertama, fleksibilitas, madrasah memiliki keleluasaan mengembangkan kurikulum operasional madrasah sesuai dengan potensi dan sumber dayanya.

Kedua, fokus pada pengembangan karakter dan kompetensi, pembelajaran berpusat pada pembentukan karakter Islami dan membekali peserta didik dengan kompetensi yang dibutuhkan di era modern.

Ketiga, pembelajaran berkualitas, pendekatan pembelajaran yang diterapkan harus berkualitas, berpusat pada peserta didik, dan berorientasi pada pencapaian hasil belajar yang optimal.

Keempat, kerjasama, madrasah didorong untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti orang tua, masyarakat, dan lembaga terkait, dalam upaya bersama memajukan pendidikan.

"Apabila keempat prinsip itu dipahami oleh warga madrasah, maka komponen lainnya seperti struktur kurikulum dan lainnya yang terkait dengan KMA 450 akan mudah diaplikasikan," kata Depi Dasmal.

Selain sosialisasikan KMA 450, Depi Dasmal juga melakukan pembinaan terhadap ASN yang baru bergabung di MAN 2 Padang.  Setidaknya ada 4 pesan yang dia titipkan kepada ASN tersebut.

Pertama, siapkan fisik dan mental, percaya diri dan optimistis. Kedua, beradaptasi dengan GTK, warga madrasah dan lingkungan sekitar. Ketiga, tingkatkan kompetensi dan literasi dalam mewujudkan profesionalitas. Keempat, selalu menjadi role model bagi peserta didik. ArulDp


Editor: HarisTJ
Fotografer: ArulDp