Dialog Lintas Agama , Peran Kementerian Agama Dalam Menjaga Kerukunan, Berikut Penjelesan Kepala Kantor

Padang, Humas -– Kepala Kantor Kementerian Agama  Kota Padang H. Edy Oktafiandi menjadi salah seorang  Narasumber dalam kegiatan Dialog Lintas Agama.

Yang digelar Forum Kerkunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang, bertempat di  Gabuo Beach Sungai Barameh Lubuk Begalung Kota Padang, pada Rabu 13 September 2023.

Acara tersebut diikuti lebih kurang Empat Puluh Lima Peserta dari perwakilan diberbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) Lintas Agama Kota Padang diantaranya generasi muda dan aktivis lintas agama.

Kepala Kantor, dalam momentum tersebut menyampaikan tentang peran kementerian agama  dalam menjaga kerukunan umat beragama. Kata dia, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat.

Dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Oleh karena itu dibutuhkan peran semua pihak dalam memperkuat peran dan keberadaan FKUB, pembagian peran tersebut dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama, sehingga tercipta kehidupan yang rukun, damai dan penuh toleransi.

Peran dari Organisasi Keagamaan, dimana organisasi keagamaan harus berperan aktif dalam mengembangkan pemahaman ajaran Agama kepada pemeluknya. dan mengembangkan sikap toleransi baik Intra umat agama itu sendiri maupun antar umat beragama lainnya.

Sementara itu, peran dari pemerintah dituntut untuk dapat melaksanakan kebijakan keagamaan yang adil dan menjunjung tinggi hak asasi manusia serta melaksanakan penegakan hukum keagamaan.

Sehingga terciptanya masyarakat indonesia yang agamis dan  meningkatnya kerukunan umat beragama, Jelas H. Edy.
 
Kepala Kantor meyebutkan bahwa salah satu upaya mewujudkan Kerukunan Umat Beragama yang dengan pengarusutamaan Moderasi Beragama yang mengedepankan pemahaman keagamaan yang moderat, bukan yang condong ke kiri atau  condong ke kanan, terangnya.

Kegiatan tersebut, menghadirkan lebih kurang empat puluh lima peserta dan Narasumber dari  Walikota Padang, Kapolresta Padang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang , Ketua FKUB Kota Padang, dan Pelita Padang.

(HarisTJ)


Editor: -
Fotografer: -