Dibuka Kakankemenag, MAN 2 Solok Kembali Gelar AKISTA Ke VII

Koto Baru, Humas - MAN 2 Solok kembali menggelar Ajang Kreativitas Intelektual Seni Islami (AKISTA) Ke VII yang bertemakan Eplorasi Potensimu, Menuju Generasi Bangsa Yang Kreatif dan Berprestasi yang langsung dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM di green campus Singkarak. Rabu,,(28/02).

Ikut hadir dalam pembukaan ini Camat X Koto Singkarak bersama Forkopimcam, Kepala KUA Kec. X Koto Singkarak, Yon Putra, S.HI, MH dan Kepala SMP/MTs yang ikut dalam event ini.

Ketua Panitia Rosdawati dalam laporannya menyampaikan AKISTA tahun ini merupakan gelaran ke VII sejak pertama kali digelar, peserta tahun ini sebanyak 25 SMP dan MTs se-Kabupaten Solok.

Adapun cabang yang dilombakan adalah Olimpiade Mata Pelajaran, MSQ, Tahfizh, Futsal, PBB dan Tari Kreasi.

Kepala MAN 2 Solok, H. Maidison, S.Pd mengatakan AKISTA merupakan wadah menjalin silaturrahmi dengan sekolah dan madrasah di sekitar MAN 2 Solok sekaligus memperkenalkan madrasah ini pada siswa dengan harapan mereka tertarik melanjutkan pendidikan disini.

”Harapan kita bersama adalah semoga acara ini memberi peluang positif terhadap pembentukan karakter generasi muda agar berani bersaing dan berkompetisi secara sportif dan penuh semangat. Di samping itu, menjalin silaturahmi ini juga menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir terjadi tawuran dan mental premanisme di antara pelajar. Karena momen ini akan mengajarkan mereka arti dari sebuah persahabatan yang di landasi persaudaraan,” ujarnya.

Maidison juga memaparkan beberapa pencapaian MAN 2 Solok beberapa waktu terakhir, diantaranya pembenahanan perawatan madrasah dan juga banyak alumni madrasah diterima di Perguruan tinggi ternama.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli yang membuka kegiatan ini mengapreasiasi kretifitas keluarga besar MAN 2 Solok dalam mensyiarkan madrasah ini ke seantero Kabupaten Solok.

Disampaikan oleh Kakankemenag, selain untuk silaturrahmi, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai ajang pemanasan KSM dengan memperlombakan olimpiade mata pelajaran serta ujicoba skiil dalam cabang Futsal dan PBB.

"Kami berharap, ananda yang ikut dalam lomba ini menjadi merajut ukhuwah islamiyah, meski bertajuk kompetisi namun hakekatnya ini adalah silaturrahmi," ujar Kakankemenag.

Pembukaan Akista Ke VII ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Kakankemenag yang didampingi oleh Kepala MAN 2 Solok, Komite Madrasah, Kepala KUA Kec. X Koto Singkarak, Camat X Singkarak, Wali Nagari Singkarak, peserta dan undangan lainnya. Perlombaan disaksikan oleh seluruh warga madrasah. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: IRA