Dibuka Kakanwil, 356 Calon Jemaah Pasbar Ikuti Manasik Haji Massal

Pasaman Barat, Humas--Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)  Mahyudin, buka manasik haji terpadu Pasaman Barat di Mesjid Nurul Huda Jambak, Luhak Nan Duo, Rabu (17/4).

Pada kesempatan itu, Kakanwil menyampaikan, secara nasional proses persiapan pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke tanah suci, mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten kota terus berlangsung, termasuk asaman Barat (Pasbar) ini.

Pada musim haji tahun 1445 H atau 2024 M ini, jelas Mahyudin, penerbangan pertama jemaah haji Indonesia ke tanah suci akan dimulai tanggal 12 Mei 2024 mendatang. Satu hari sebelumnya, jemaah sudah masuk asrama haji.

"Berdasarkan pengalaman tahun kemarin (2023), jemaah haji Sumatera Barat diterbangkan ke tanah suci sudah mendekati fase gelombang kedua. Untuk tahun ini kita menunggu keputusan dari Ditjen PHU," ulas Kakanwil.

Embarkasi Padang, kata Mahyudin, tahun 2024 ini akan memberangkatkan 17 kloter (kelompok terbang), 12 kloter jemaah Sumbar dan 4 kloter Bengkulu, dan 1 kloter jemaah gabungan.

Mengingat waktu keberangkatan sudah dekat, kepada jemaah haji, Kakanwil berpesan agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Bukan hanya ilmu manasik hajinya tetapi juga persiapan fisik dan mental.

"Ibadah haji itu adalah ibadah fisik, maka kesehatan jasmani dan rohani sangat dibutuhkan dalam mengikuti rangkaian ibadah haji ini," ulas Kakanwil.

Untuk itu, Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kankemenag yang telah melakukan manasik haji massal bagi calon jemaah haji Pasaman Barat.

"Manasik haji adalah salahsatu layanan yang semestinya diterima oleh jemaah haji. Melalui manasik haji ini jemaah akan memahami bagaimana proses dan tata cara pelaksanaan ibadah haji," kata Kakanwil.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Pasaman Barat, Rali Tasman mengatakan, manasik haji masal ini diikuti 356 orang yang berasal dari 11 kecamatan se Pasaman Barat.

Dari sejumlah calon jemaah haji (cjh) yang mengikuti manasik massal, 276 orang di antaranya jemaah reguler, dan 94 jemaah cadangan. Rinarisna 


Editor: Risna
Fotografer: Istimewa